PENGARUH BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERADAPTASI LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH SISWA KELAS VII SMPN 1 MOJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ADITYA WISNU PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0004

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, dengan adanya penelitian ini bahwa dapat diketahui kemampuan beradaptasi lingkungan belajar siswa ketika diberikan bimbingan sosial disekolah. Dalam layanan bimbingan sosial diberikan kepada siswa yang mempunyai kemampuan beradaptasi berkategori cukup disekolah. Layanan tersebut dilakukan dengan metode klasikal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Bimbingan Sosial Dilakukan Di SMPN 1 Mojo ? (2) Bagaimana Kemampuan Beradaptasi Lingkungan Belajar Sekolah Pada Siswa SMPN 1 Mojo ? (3) Apakah Ada Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Kemampuan Beradaptasi Lingkungan Belajar Disekolah Siswa Kelas VII SMPN 1 Mojo ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian experimental, menggunakan jenis pre-test, post-test one group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII A-G SMPN 1 Mojo berjumlah 320 siswa. Dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa SMPN 1 Mojo. Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik uji-t dan menggunakan bantuan program Ms. Excel 2007. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) bimbingan sosial di SMPN 1 Mojo diberikan secara klasikal. (2) kemampuan beradaptasi lingkungan belajar siswa di SMPN 1 Mojo yang sebelum diberikan bimbingan sosial dikategorikan cukup, setelah diberikan bimbingan sosial dapat dikategorikan tinggi karena kemampuan beradaptasi lingkungan belajar siswa lebih optimal. (3) ada pengaruh bimbingan sosial terhadap kemampuan beradaptasi lingkungan belajar sekolah siswa kelas VII SMPN 1 Mojo Tahun Ajaran 2015/2016. Kesimpulan tersebut implikasinya adalah terdapat pengaruh antara bimbingan sosial terhadap kemampuan beradaptasi lingkungan belajar sekolah siswa, karena kategori kemampuan beradaptasi lingkungan belajar sekolah siswa setelah diberikan bimbingan sosial meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini ada saran (a) Bagi guru bimbingan konseling diharapkan dapat membangkitkan, mengembangkan dan mengoptimalkan bimbingan sosial dan yang lainnya untuk siswa agar terbentuk kemampuan beradaptasi yang baik dilingkungan sekolah. (b) Bagi orang tua agar lebih mendorong putra-putrinya agar memotivasi dalam aktifitas apapun yang dilakukan sehingga anak akan merasa terdorong untuk dapat beradaptasi yang positif. (c) bagi siswa diharapkan dapat melakukan adaptasi yang baik dilingkungan sekolah, serta menghindari adaptasi merugikan diri sendiri. Kata Kunci : Bimbingan Sosial, Kemampuan Beradaptasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI