PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA SISWA KELAS III SDN PLEMAHAN 1 KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015.
Author (Penulis)
YULIANA MIRATUS SHOLIKHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.10.0445
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi sumber energi dan kegunaannya berdasarkan pengalaman kelas III, siswa SDN Plemahan 1 Kec.Plemahani Kab.Kediri mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya yang ada di lingkungan sekitar. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk materi ini, guru cenderung hanya memakai media gambar saja atau bahkan hanya menggunakan bahasa lisan. Akibatnya pembelajaran hanya monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimental design sehingga terdapat satu kelas yang diteliti. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Plemahan 1 Kec.Plemahan Kab.Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal subjektif.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung (5,49) > t-tabel (0,456). Hasil tersebut diperoleh dari nilai rata-rata Pretest 67,85 < 75 (KKM) dan nilai rata-rata kelas Postest (80,23) > 75 (KKM). Artinya ada pengaruh penggunakan metode Guided Note Taking terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas III SDN Plemahan 1 Kec.Plemahan Kab. Kediri tahun 2014/2015.
Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan siswa pada kelas Pretest dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunannya tanpa menggunakan metode Guided Note Taking siswa kelas III SDN Plemahan 1 Kec.Plemahan Kab.Kediri dinyatakan kurang mampu; (2) kemampuan siswa pada kelas Postest dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan metode guided note taking siswa kelas III SDN Plemahan 1 Kec.Plemahan Kab.Kediri dinyatakan berhasil; dan (3) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode guided note taking terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas III SDN Plemahan 1 Kec.Plemahan Kab.Kediri tahun 2014/2015