PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BAGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP BEBERAPA HEWAN DI LINGKUNGAN SEKITAR KELAS IV SDN PAPAR 2 KECAMATAN PAPAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

YOPPY EGA ADITIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0437

Abstract

ABSTRAK YOPPY EGA ADITIA: Pengaruh Penggunaan Media Bagan Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Beberapa Hewan di Lingkungan Sekitar Kelas IV SDN Papar 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014-2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: media pembelajaran, bagan, kemampuan belajar, daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada materi daur hidup hewan kelas IV, siswa SDN Papar 2 cenderung masih mengalami kesulitan untuk mendeskripsikan daur hidup hewan dikarenakan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang aktivitas belajar padahal di sisi lain siswa di tuntut untuk memiliki kemampuan mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar sehingga dibutuhkan media bagan untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalahnya sebagai berikut: (1) bagaimana kemampuan mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN Papar 2 Kabupaten Kediri Tahun Ajar 2014/2015?(2) bagaimana kemampuan mendiskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar dengan menggunakan media bagan pada siswa kelas IV SDN Papar 2 Kabupaten Kediri Tahun Ajar 2014/2015?(3) bagaimana pengaruh media bagan terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar di kelas IV SDN Papar 2 Kabupaten Kediri Tahun Ajar 2014/2015? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian ekperimen sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Meggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Papar 2 Kab. Kediri. Teknik pengumpulan data berupa test, dan instrumennya berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial menggunakan uji- t pada taraf siginifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai thitung ? ttabel yaitu 2,691 ? 2,025 dan nilai rata- rata kelas eksperimen (Kelas IV- A) 81,45 terletak diatas 75 (KKM) sedangkan nilai rata- rata kelas kontrol (Kelas IV- B) 71, 7 terletak dibawah 75 (KKM). Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapanmedia bagan terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN Papar 2. Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan siswa kelas kontrol dalam mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar tanpa menggunakan media bagansiswa kelas IV SDN Papar 2 dinyatakan masih dibawah rata- rata; (2)kemampuan siswa kelas eksperimen dalam mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitarmenggunakan media bagan siswa kelas IV SDN Papar 2 dinyatakan sudah diatas rata- rata; (3) ada pengaruh yang signifikan media bagan terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN Papar 2.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI