PENGARUH STRATEGI READING ALOUD TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ISI CERITA ANAK PADA SISWA KELAS V SDN 2 NGULUNGKULON KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

RATRI RETNO PAMULARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0322

Abstract

ABSTRAK RATRI RETNO PAMULARSIH: Pengaruh strategi reading aloud terhadap kemampuan mendiskripsikan isi cerita anak pada siswa kelas V SDN 2 Ngulungkulon, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri 2014. Kata kunci : Reading aloud, kemampuan, cerita. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa kegiatan belajar Bahasa Indonesia di SD penggunaan strategi pembelajaran belum maksimal. Akibatnya suasana di kelas monoton dan membosankan. Siswa di kelas nampak malas mengikuti proses belajar, yang pada akhirnya menyebabkan hasil belajar yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas V SDN 2 Ngulungkulon Tahun Ajaran 2013/2014 dalam mendeskripsikan isi cerita anak sebelum menggunakan strategi reading aloud? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas V SDN 2 Ngulungkulon Tahun Ajaran 2013/2014 dalam mendeskripsikan isi cerita anak sesudah menggunakan strategi reading aloud? (3) Adakah pengaruh penggunaan strategi reading aloud terhadap kemampuan mendeskripsikan isi cerita anak pada siswa kelas V SDN 2 Ngulungkulon Tahun Ajaran 2013/2014? Penelitian ini menggunakan strategi reading aloud dengan tujuan : (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V SDN 2 Ngulungkulon Tahun Ajaran 2013/2014 dalam mendeskripsikan isi cerita anak sebelum menggunakan strategi reading aloud. (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V SDN 2 Ngulungkulon Tahun Ajaran 2013/2014 dalam mendeskripsikan isi cerita anak sesudah menggunakan strategi reading aloud. (3)Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi reading aloud terhadap kemampuan mendeskripsikan isi cerita anak pada siswa kelas V SDN 2 Ngulungkulon Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa silabus, RPP, lembar tes evaluasi siswa,lembar observasi untuk siswa dan lembar observasi untuk guru. Hasil analisis data menggunakan uji t adalah t hitung 6,478 sedangkan t table 1% yaitu 1,70562. Jika dibandingkan t hitung > t tabel (6,478 >1,70562). Sehingga dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh sangat signifikan penggunaan strategi reading aloud terhadap kemampuan mendiskripsikan isi cerita anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI