PENGARUH METODE PARTISIPATORI DENGAN TEKNIK TEST QUESTIONS TERHADAP KEMAMPUAN MELENGKAPI BAGIAN CERITA RUMPANG PADA SISWA KELAS IV SDN MRICAN 4 KOTA KEDIRI TAHUN 2013/2014


Author (Penulis)

PRASTIAN ALDI ROZALDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0304

Abstract

ABSTRAK Prastian Aldi Rozaldi: Pengaruh Metode Partisipatori Dengan Teknik Test Questions Terhadap Kemampuan Melengkapi Bagian Cerita Rumpang Pada Siswa Kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri Tahun 2013/2014, Skripsi, PBSI, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata Kunci: pengaruh, metode partisipatori, teknik test questions, kemampuan melengkapi bagian cerita rumpang Keterampilan membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV salah satunya adalah melengkapi cerita rumpang, kesulitan yang dialami siswa adalah kurang mampu dalam menggisi isi cerita yang rumpang dikarenakan siswa kurang dapat memahami isi dongeng yang dibaca sebab dalam proses pembelajar-an, guru tidak mengembangkan metode yang sesuai atau media yang menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya untuk menerapkan sebuah metode serta media pembelajaran yang sesuai. Oleh sebab itu digunakan metode partisipatori dengan teknik test questions. Metode partisipatori adalah metode pembelajaran yang lebih menekankan keterlibatan siswa secara penuh, sehingga dapat memacu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, dan sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui metode partisipatori dengan teknik test questions, maka kegiatan pembelajaran itu akan menjadi efektif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan me-lengkapi bagian cerita rumpang pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri tahun ajaran 2013/2014 tanpa menggunakan metode partisipatori dengan teknik test questions?, (2) Bagaimana kemampuan melengkapi bagian cerita rumpang pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri tahun ajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode partisipatori dengan teknik test questions?, (3) Adakah pengaruh penggunaan metode partisipatori dengan teknik test questions terhadap kemampuan melengkapi bagian cerita rumpang pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri tahun ajaran 2013/2014? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen peneliti-an yang digunakan adalah tes hasil belajar, alat evaluasi berupa tes objektif (isian) dan di uji dengan menggunakan uji t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa dalam me-lengkapi bagian cerita rumpang pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri tahun ajaran 2013/ 2014 tanpa meng-gunakan metode partisipatori dengan teknik test questions tergolong kurang mampu atau bisa disebut belum berhasil karena nilai rata-rata kelas (Mean) yaitu 74,46 yang berarti masih di bawah KKM yaitu 75, (2) Kemampuan siswa dalam melengkapi bagian cerita rumpang pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri tahun ajaran 2013/ 2014 dengan mengguna-kan metode partisipatori dengan teknik test questions tergolong tinggi dan dapat disebut berhasil karena nilai rata-rata kelas (Mean) yaitu 84,42 75, yang berarti di atas KKM yaitu 75, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode par-tisipatori dengan teknik test questions terhadap kemampuan siswa dalam me-lengkapi bagian cerita rumpang pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri tahun ajaran 2013/2014. Hal ini terbukti dari nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel, yaitu 7,595 > 2,021. Adapun besarnya pengaruh adalah 13,36% yang cenderung memberikan pengaruh positif terhadap proses belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI