PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI TUMBUHAN DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN PRANGGANG 2 KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2013-2014


Author (Penulis)

MOKHAMAD SOLIKHIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0255

Abstract

ABSTRAK Mokhamad solikhin. Pengaruh teknik pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan media video terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan pada siswa kelas V SDN Pranggang 2 kecamatan plosolaten kabupaten kediri tahun pelajaran 2013/2014, Skipsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata Kunci : Predict-Observe-Explain (POE), mengidentifikasi penyesuaian diri tuumbuhan dengan lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan teknik pembelajaran yang tepat digunakan yaitu teknik pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah penggunaan Teknik Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) tanpa di dukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan pada siswa kelas VSDN Pranggang 2? (2) Apakah penggunaan Teknik Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan pada siswa kelas V SDN Pranggang 2? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan Teknik Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) tanpa didukung media video dibanding penggunaan Teknik Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan antara siswa kelas V SDN Pranggang 2? Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan posttest-Only Control Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Pranggang 2 kecamatan plosoklaten kabupaten kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan teknik pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) tanpa didukung media video berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan, hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (2,952) > ttabel (2,797).namun demikian ketuntasan masih kurang dari 75% terhadap KKM (tepatnya 52%). (2) Penggunaan teknik pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) didukung media video berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan,thitung (5,367) > ttabel (2,797) serta dengan tingginya harga dengan ketuntasan mencapai 96% diatas KKM. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan teknik POE didukung media video dibanding teknik POE tanpa didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan, dengan keunggulan pada penggunaan teknik POE didukung media video.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-09-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI