PENGARUH METODE RECIPROCAL TEACHING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYEBUTKAN CONTOH ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT SISWA KELAS V SDN CAMPUREJO 2


Author (Penulis)

DIMAS RIBUT SHANDY PRADITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0085

Abstract

ABSTRAK DIMAS RIBUT SHANDY P: Pengaruh Metode Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Menyebutkan Contoh Organisasi Di Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat Siswa Kelas V SDN Campurejo 2 Kota Kediri TP 2015/2016 Skripsi.Kediri: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Pengaruh Metode, Hasil Belajar, Kemampuan Menyebutkan Contoh Organisasi Di Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kondisi guru yang masih menggunakan paradigma tradisional dalam proses pembelajaran yaitu masih menggunakan metode ceramah dan guru jarang menggunakan sarana dan prasarana yang ada seperti perpustakaan dan alat peraga yang ada di sekolah sehingga siswa lebih sulit lagi memahami pelajaran yang disampaika Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat menggunakan metode Reciprocal Teaching tanpa di dukung media visual (2) Bagaimana kemampuan Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat menggunakan metode Reciprocal Teaching dengan di dukung media visual? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan metode Reciprocal Teaching dengan didukung media visual terhadap kemampuan Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan macam-macam organisasi pada kegiatan melakukan observasi sesudah diterapkannya model pembelajaran Metode Reciprocal Teaching Dengan Media Gambar dan ada tidaknya pengaruh penggunaan Metode Reciprocal Teaching Tanpa Media Gambar Terhadap Kemampuan Menyebutkan Contoh Organisasi Di Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial karena dalam penelitian ini ada dua kelas, dan untuk melihat bagaimanakan pengaruh semua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat. Data dianalisis juga dengan uji t. Berdasarkan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : (1) Nilai post test siswa menggunakan Metode Reciprocal Teaching Dengan Media Gambar tergolong sangat baik , dengan nilai rata-rata 82. (2) Nilai post test siswa menggunakan Metode Reciprocal Teaching tanpa Media Gambar dengan nilai rata-rata 77 (3) Terdapat pengaruh penggunaan Metode Reciprocal Teaching Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menyebutkan Contoh Organisasi Di Lingkungan Sekolah Dan Masyaraka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI