PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEBBED DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENTINGNYA KESEHATAN DIRI DAN LINGKUNGAN DALAM KEGIATAN MENGAMATI BERBAGAI GAMBAR TENTANG MANFAAT AIR BAGI MANUSIA TANAMAN DAN HEWAN KELAS V SD NEGERI KANDAT 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
DIAN MARDIKAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.10.0076
Abstract
Dian Mardikawati: Pengaruh model pembelajaran webbed dengan media gambar terhadap pentingnya kesehatan diri dan lingkungan dalam kegiatan mengamati berbagai gambar tentang manfaat air bagi manusia tanaman dan hewan kelas v sd negeri kandat 1 tahun ajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci: Model webbed, media gambar, hasil belajar, IPA , Pentingnya Kesehatan Diri Dan Lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengetahuan siswa dengan pembelajaran langsungdalam kegiatan mengamati berbagai gambar tentang manfaat air bagi manusia, tanaman, dan hewan pada kelas V SD, hasil pengetahuan siswa dengan pembelajaran webbed dalam kegiatan mengamati berbagai gambar tentang manfaat air bagi manusia, tanaman, dan hewan pada kelas V SD dan apakah ada pengaruh pengunaan model pembelajaran webbed dalam kegiatan mengamati berbagai gambar tentang manfaat air bagi manusia, tanaman, dan hewan pada kelas V SD. Jenis penelitiannya menggunakan rancangan “Post Test Only Control Group Design”.
Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan nilai yang diperoleh siswa dengan KKM 70. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai siswa dengan model pembelajaran langsung dibawah KKM maka Ho ditolak dan nilai siswa dengan model webbed dengan media gambar berada diatas KKM maka Ho ditolak. Data dianalisis juga dengan independent t test. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan df = 68 . Hasil angka signifikansi diperoleh t_hitung (4.9833) >? t?_tabel(1.995) maka signifikan, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) Pengetahuan siswa kelas V pada sub tema pentingnya kesehatan diri dan lingkungan dalam kegiatan mengamati berbagai gambar tentang manfaat air bagi manusia, tanaman, dan hewan cenderung lebih rendah (dibawah KKM) dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) Pengetahuan siswa kelas V pada sub tema pentingnya kesehatan diri dan lingkungan dalam kegiatan mengamati berbagai gambar tentang manfaat air bagi manusia, tanaman, dan hewan mengalami peningkatan (diatas KKM) setelah menggunakan model pembelajaran webbed dengan media gambar.(3)Terdapat pengaruh penggunaan model webbed dengan media gambar terhadap pengetahuan sub tema pentingnya kesehatan diri dan lingkungan dalam kegiatan mengamati berbagai gambar tentang manfaat air bagi manusia, tanaman, dan hewan.