PENGARUH METODE DEMONSTRASI DI DUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KONDISI LINGKUNGAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KESEHATAN SISWA KELAS III SDN WATESKROYO KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DANY WAHYU FEBRI WIBOWO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0062

Abstract

PENGARUH METODE DEMONSTRASI DI DUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KONDISI LINGKUNGAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KESEHATAN SISWA KELAS III SDN WATESKROYO KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 Oleh: DANY WAHYU FEBRI WIBOWO 10.1.01.10.0062 UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi pengamatan dan pengamalan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SDN Wateskroyo selama ini cenderung bersifat konvensional dan masih berpusat pada guru. Akibatnya Guru mendominasi pembelajaran, sehingga siswa kurang interaktif terhadap pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh Metode Demonstrasi tanpa di dukung media Gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan siswa kelas III SDN Wateskroyo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung Tahun ajaran 2016/2017 (2)Untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh Metode Demonstrasi di dukung media Gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan siswa kelas III SDN Wateskroyo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung Tahun ajaran 2016/2017 (3) Untuk mengungkapkan ada tidaknya perbedaan pengaruh Metode Demonstrasi tanpa di dukung dan di dukung media Gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan siswa kelas III SDN Wateskroyo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung Tahun ajaran 2016/2017. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah(1)Kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan menggunakan metode demonstrasi tanpa didukung media gambar lebih rendah,(2)Kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan menggunakan metode demonstrasi dengan didukung media gambar lebih meningkat,(3)Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara Metode Demonstrasi tanpa di dukung media Gambar dengan di dukung media Gambar terhadap kemampuan mendesripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan. KATA KUNCI : Metode Demonstrasi, media Gambar kesehatan lingkungan dan Kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI