PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN FISH BOWL DIDUKUNG INDEX CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN PAPAR II KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2013-2014


Author (Penulis)

ALFA SHABRINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0026

Abstract

Abstrak Alfa Shabrina: Pengaruh Teknik Pembelajaran Fish Bowl Didukung Index Card Terhadap Kemampuan Mendiskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan Pada Siswa Kelas IV SDN Papar II Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013-2014, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: teknik pembelajaran Fish Bowl didukung index card, mendiskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru.Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunannya rendah. Terkait hal itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemampauan belajar Ilmu Pengetahuan Alam(IPA) antara yang dibelajarkan dengan teknik pembelajaran Fish Bowl didukung Index card dengan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDN Papar II Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah pre test post test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Papar II Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014,dengan jumlah 20 orang siswa. Penelitian ditetapkan pada SDN Papar II dengan jumlah 20 orang siswa yang ditentukan dengan pre test post test. Data tentang kemampuan belajar Ilmu Pengetahuan Alam(IPA) dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan t-test. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan df =19 (N-1). Hasil sig(2-tailed) 0.012 <0.05 dengan demikian Ho ditolak, artinya ada pengaruh metode Fish bowl didukung index card terhadap kemampuan mendiskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Papar II Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan hasil belajar siswa kelas IV pada materi mendiskripsikan hubungan khas makhluk hidup sebelum mengunakan metode fish bowl didukung index card cukup rendah dengan rata-rata yaitu 57,90. (2) Kemampuan hasil belajar siswa kelas IV pada materi mendiskripsikan hubungan khas antar makhluk hidup sesudah mengunakan metode fish bowl didukung index card dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata hasil post test yaitu 69,80 (3) Ada pengaruh metode fish bowl didukung index card terhadap kemampuan mendiskripsikan hubungan khas antar makhluk hidup siswa kelas IV SDN Papar II kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI