PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PART AND WHOLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLAVOLI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KEDIRI TAHUN 2014


Author (Penulis)

Deni Yudha P.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.09.0100

Abstract

ABSTRAK Deni Yudha Prasetyo. 10.1.01.09.0100, Skripsi:”Pengaruh Metode Pembelajaran Part And Whole Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kediri Tahun 2014”. Program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : Metode part and whole, passing bawah Salah satu teknik dasar bola voli adalah passing bawah, Sesuai pengamatan yang peneliti lakukan pada waktu pembelajaran penjasorkes di SMP Negeri 4 Kediri, ada beberapa hal yang menyebabkan kesalahan dalam passing bawah antara lain terjadinya pantulan ganda, kedua tangan tidak rapat atau menempel, bola passing tidak dengan lengan bawah sehingga bola melenceng, lengan tidak lurus pada waktu mengayun atau gerakan tidak bersumbu pada pergelangan bahu atau siku di patahkan pada saat perkenaan dengan bola. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran part and whole dapat meningkatkan hasil belajar dalam melakukan passing bawah pada permainan bolavoli siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kediri tahun 2014 berjumlah 239 siswa. Dan di ambil sampel 31 siswa pada kelas VIIA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan menggunakan rubrik penilaian. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut, Dari perhitungan di atas diperoleh = 3,69 kemudian dengan . Harga pada signifikan 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 16 + 15 – 2 = 29 adalah sebesar 2,042. Sehingga > atau 3,69 > 2,042 karena tidak jatuh di wilayah terima H0, maka keputusannya yang diambil adalah menolak H0, dan menerima H1. Kesimpulannya adalah Ada hubungan yang signifikan antara pengaruh metode pembelajaran part and whole untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bolavoli siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kediri tahun 2014.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-12

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI