PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PART AND WHOLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLAVOLI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KEDIRI TAHUN 2014
Author (Penulis)
Deni Yudha P.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.09.0100
Abstract
ABSTRAK
Deni Yudha Prasetyo. 10.1.01.09.0100, Skripsi:”Pengaruh Metode Pembelajaran
Part And Whole Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada
Permainan Bolavoli Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kediri Tahun 2014”. Program
studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Kata Kunci : Metode part and whole, passing bawah
Salah satu teknik dasar bola voli adalah passing bawah, Sesuai
pengamatan yang peneliti lakukan pada waktu pembelajaran penjasorkes di SMP
Negeri 4 Kediri, ada beberapa hal yang menyebabkan kesalahan dalam passing
bawah antara lain terjadinya pantulan ganda, kedua tangan tidak rapat atau
menempel, bola passing tidak dengan lengan bawah sehingga bola melenceng,
lengan tidak lurus pada waktu mengayun atau gerakan tidak bersumbu pada
pergelangan bahu atau siku di patahkan pada saat perkenaan dengan bola.
Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah penggunaan
metode pembelajaran part and whole dapat meningkatkan hasil belajar dalam
melakukan passing bawah pada permainan bolavoli siswa kelas VII SMP Negeri
4 Kediri.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kediri tahun 2014 berjumlah
239 siswa. Dan di ambil sampel 31 siswa pada kelas VIIA. Metode pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan menggunakan
rubrik penilaian. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf
signifikan 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut, Dari
perhitungan di atas diperoleh = 3,69 kemudian dengan . Harga
pada signifikan 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 16 + 15 – 2 = 29 adalah sebesar
2,042. Sehingga > atau 3,69 > 2,042 karena tidak jatuh di
wilayah terima H0, maka keputusannya yang diambil adalah menolak H0, dan
menerima H1. Kesimpulannya adalah Ada hubungan yang signifikan antara
pengaruh metode pembelajaran part and whole untuk meningkatkan hasil belajar
passing bawah pada permainan bolavoli siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kediri
tahun 2014.