PERSEPSI GURU MATEMATIKA SMA NEGERI 1 WATES TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 DAN PENGARUHNYA DITINJAU DARI KARAKTER SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA


Author (Penulis)

RETNO SUCI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0213

Abstract

ABSTRAK Retno Suci Rahayu : PersepsiGuru Matemtika SMA Negeri 1 Wates terhadap Penerapan Kurikulum 2013dan Pengaruhnya ditinjau dari Karakter Siswa padaPelajaran Matematika, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, pengalaman, dan rasa ingin tahu peneliti, adakah pengaruh signifikan atas diberlakukannya Kurikulum 2013 terhadap karakter siswa pada pelajaran matematika. Dalam hal ini persepsi Guru sebagai pengamat, sangatlah penting untuk dikupas. Dugaan awal yang diajukan pada penelitian ini adalah penerapan Kurikulum 2013 tidak efektif dan tidak berpengaruh dalam membentuk karakter siswa menjadi lebih kretif, aktif, disiplin, dan bertnggungjawab, karena sosialisasi dan persiapan yang kurang matang dalam pelaksanaan Kurikulum 2013.Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi guru matematika SMAN 1 WATES terhadap penerapan kurikulum 2013 ? (2) Bagaimana persepsi guru matematika SMAN 1 WATES terhadap pengaruh kurikulum 2013 ditinjau dari karakter siswa pada pelajaran matematika? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Dalam penelitian ini, sasaran yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan, memahami dan memaknai persepsi Guru matematika terhadap Kurikulum 2013 dan pengaruhnya ditinjau dari karakter siswa di SMA Negeri 1 Wates. Maka jenis penelitian yang dianggap tepat adalah penelitian kualitatif deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah par Guru Matematika UPTD SMA Negeri 1 Wates yang terdiri atas 4 Guru laki-laki dan 2 Guru Perempuan.Skala yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar adalah skala likert. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan tahaan berikut : reduksi data, narasi deskritif, dan narasi abstraksi sementara dan narasi abstraksi akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)persepsi guru matematika SMAN 1 WATES terhadap penerapan kurikulum 2013 adalah baik dan setuju;(2)persepsi guru matematika SMAN 1 WATES terhadap pengaruh kurikulum 2013 ditinjau dari karakter siswa pada pelajaran matematika adalah sebanyak 4 orang menyatakan adanya pengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter siswa yang kreatif, disiplin, dan inovatif. Sebanyak 2 orang menyatakan bahwa penerapan Kurikulum 2013 tidak berpengaruh terhadap pengembangan karaktersiswa pada pelajaran matematika. Adapun saran yang diajukan adalah: (1)Mengadakan pelatihan guru lagi;(2)segera melengkapi pendistribuian buku secara merata.;(3)Kurikulum 2013 masih perlu ditinjau ulang dikarenakan sosialisasinya masih kurang. Kata Kunci: Kata kunci: Persepsi, Guru, Kurikulum 2013, Karakter, Belajar, Matematika.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI