PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA DRAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS PERMUKAAN PRISMA DAN LIMAS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 TANJUNGANOM
Author (Penulis)
ALAM TEJO WIRATNO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.05.0018
Abstract
Alam Tejo Wiratno. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match didukung Media Darts Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Luas Permukaan Prisma dan Limas Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tanjunganom. Skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2014.
Kata kunci: Make A Match, media darts, hasil belajar matematika materi luas permukaan prisma dan limas.
Penelitian ini dilatarbelakangi pada hasil belajar matematika yang cenderung menurun. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa tersebut juga masih rendah. masalah tersebut disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan materi serta kondisi lingkungan siswa. Dimana siswa beranggapan bahwa matematika masih sulit dipahami dan membosankan.
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match didukung media darts terhadap hasil belajar matematika materi luas permukaan prisma dan limas pada siswa kelas VIII SMP Tanjunganom . 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match tanpa didukung media darts terhadap hasil belajar matematika materi luas permukaan prisma dan limas pada siswa kelas VIII SMP Tanjunganom. 3) mengetahui perbedaan model pembelajaran make a match didukung media darts berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi luas permukaan prisma dan limas pada siswa kelas VIII SMP Tanjunganom 2.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain True- Experimental. Populasi yang diambil adalah seluruh kelas VIII SMPN 2 Tanjunganom, Nganjuk. Jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa yaitu dua kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling kuota. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji hipotesis menggunakan uji-t parried sampel berpasangan dan uji-t test independent tidak berpasangan.
Hasil analisis data penelitian adalah: 1) Ada pengaruh model pembelajaran Make a Match didukung media darts pada kelas eksperimen terhadap hasil belajar matematika materi luas permukaan prisma dan limas kelas VIII SMPN 2 Tanjunganom, hal terbukti dari hasil thitung = 4,739 > ttabel = 1,696, maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Make a Match tanpa didukung media darts pada kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika materi luas permukaan prisma dan limas kelas VIII SMPN 2 Tanjunganom, hal terbukti dari hasil thitung = 7,886 > ttabel = 1,696, maka H0 ditolak dan Ha diterima. 3) Ada perbedaan hasil belajar matematika materi luas permukaan prisma dan limas pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Make a Match didukung media darts pada kelas eksperimen dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Make a Match tanpa didukung media darts pada kelas kontrol kelas VIII SMPN 2 Tanjunganom, hal terbukti dari hasil thitung = 3,756 > ttabel = 1,999, maka H0 ditolak dan Ha diterima.