PENGARUH MEDIA TIGA DIMENSI DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS V SDN GARU III KECAMATAN BARON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Author (Penulis)
SILFIANA DWI ARISANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
09.1.01.10.0136
Abstract
ABSTRAK
SILFIANA DWI ARISANTI : Pengaruh media tiga dimensi dan media gambar terhadap kemampuan menghitung volume kubus dan balok pada siswa kelas V SDN Garu III Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2013/2014, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2014.
Kata kunci : Media pembelajaran, Media tiga dimensi, Media gambar, Kemampuan, Menghitung, volume kubus dan balok.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil penelitian bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi oleh kurangnya media pembelajaran yang diperlukan siswa dalam menerima atau menangkap suatu materi sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Akibatnya siswa pasif, kurang termotivasi dan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru pada siswa. Sehingga materi pembelajaran tidak tersampaikan dengan baik dan pembelajaran kurang menarik dan monoton. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa dalam menghitung volume kubus dan balok yang memperoleh hasil yang kurang baik dan cenderung rendah karena dengan pembelajaran biasa metode ceramah dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media tiga dimensi dan media gambar terhadap kemampuan menghitung volume kubus dan balok pada siswa kelas V SDN Garu III Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Garu III Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-A sebanyak 28 siswa diajarkan dengan menggunakan media tiga dimensi dan media gambar dan kelas V-B sebanyak 28 siswa diajar dengan pembelajaran biasa metode ceramah. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa berupa tes tertulis yaitu test subyektif. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh media tiga dimensi dan media gambar terhadap kemampuan menghitung volume kubus dan balok pada siswa kelas V SDN Garu III Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2013/2014 yang dibuktikan dari hasil analisis data yaitu bahwa t. hitung (2,007) > t. table 5 % (2,000 ) maka sangat signifikan akibatnya H0ditolak.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media tiga dimensi dan media gambar layak digunakan pada pembelajaran Matematika pada materi menghitung volume kubus dan balok. mplikasi penelitian ini adalah media tiga dimensi dan media gambar dapat digunakan untuk pembelajaran matematika di SDN Garu III Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk.