HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI TAHUN AJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

AHMAD AZIS MUTTAQIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

08.1.01.01.0457

Abstract

ABSTRAK AHMAD AZIS MUTTAQIN. 2013. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kediri Tahun ajaran 2013/2014, Skripsi, Bimbingan dan konseling, FKIP, UNP Kediri. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Minat Belajar , Prestasi belajar. Aktivitas belajar bagi setiap individu, tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar. Kadang-kadang lancar, kadang-kadang tidak, kadang-kadang dapat cepat menangkap apa yang dipelajari dan terkadang juga teramat sulit. Setiap individu memang tidak ada yang sama, perbedaan individual ini yang menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar di kalangan anak didik. Perkembangan belajar siswa tidak selalu berjalan lancar dan memberikan basil yang diharapkan. Adakalanya mereka menghadapi berbagai kesulitan atau hambatan. Kesulitan atau hambatan dalam belajar ini dimanifestasikan dalam beberapa gejala masalah, seperti prestasi belajar rendah, kurang atau tidak ada motivasi belajar, belajar lambat, berkebiasaan kurang baik dalam belajar, sikap yang kurang baik terhadap pelajaran, guru ataupun sekolah. Dalam hal ini peneliti menemukan permasalahan yang terjadi pada siswa SMA Muhammadiyah Kediri yaitu kurangnya perhatian orang tua dan minat belajar disekolah sehingga mereka juga memiliki prestasi belajar yang masih rendah pula. Hal ini yang ingin dikaji oleh peneliti lebih dalam, selain untuk mengetahui tingkat perhatian orang tua, minat belajar dan tingkat prestasi belajar, serta hubungan diantara ketiga variabel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMA siswa kelas X SMA Muhammadiyah tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional berganda dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA siswa kelas X SMA Muhammadiyah dengan jumlah populasi 29 siswa dan jumlah sampel 29 siswa, pengambilan sampel dengan cara proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Angket untuk memperoleh data perhatian orang tua dan minat belajar, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data prestasi belajar. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji analisis teknik analisis regresi dengan menggunakan bantuan SPSS 17.0 for windows. Dari hasil analisis regresi hubungan antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa siswa kelas X SMA Muhammadiyah didapatkan basil Flutung =0,397 dan a=5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar . Sehingga semakin baik perhatian dan minat belajar yang dimilki siswa kepada siswa maka semakin baik pula prestasi belajar yang diraih oleh siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI