UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEKNIK DRIBBLING SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN ANGKA DELAPAN PADA SISWA KELAS 5 SDN JOHO 2 KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

Khamim
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

17.1.01.09.0190

Abstract

Abstrak
Moh.Kamim: Upaya Peningkatan Pembelajaran Teknik Dribbling Sepakbola Melalui
Pendekatan Permainan Angka Delapan Pada Siswa Kelas 5 SDN Joho 2 Kecamatan Semen
Kabupaten Kediri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas V SD Joho 2 Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dengan jumlah
total 7 orang terdiri atas 4 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan
yaitu tes unjuk kerja sepakbola. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil
dribbling melalui permainan angka delapan pada siswa kelas V SD Negeri Joho 2
Kecamatan Semen Kabupaten Kediri ditandai dengan peningkatan nilai rata- rata siswa.
Nilai rata-rata siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 64,14 dengan persentase ketuntasan
sebesar 28,6%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I
yaitu sebesar 65,64 dan persentase ketuntasan sebesar 42,85%. Namun, peningkatan tersebut
masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan
ke siklus II nilai rata-rata dribbling siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 69,78
dengan persentase ketuntasan sebesar 85,7%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang
telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II.
Proses pembelajaran dribbling sepakbola menggunakan pendekatan permainan angka
delapan dinamis dan menyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas dan mengamati
gerakan teknik dribbling dan saling diskusi dengan teman. Seluruh aspek penilaian dikuasai
siswa. Kemampuan dribbling siswa meningkat dengan ditandai dengan tuntasnya KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 67.
Kata Kunci: Pembelajaran, Permainan angka delapan, Dribbling, Sepakbola.


Keyword

Pembelajaran, Penjaskes, Dribbling, Sepakbola

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mohnsen, B. S. (2008). Teaching middle school physical education. United States: Human Kinetics.

Rosdiani, D. (2012). Model pembelajaran langsung dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Himberg, C., Hutchinson, G., & Roussell, J. (2003). Teaching secondary physical education preparing adolescents to be active for life. United States of America: Human Kinetics.


PUBLISHED

2020-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade