MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK DASAR TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PARE


Author (Penulis)

Fandy Achmad Putra Yudha
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

17.1.01.09.0185

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal dan evaluasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Pare dengan materi tolak peluru gaya menyamping yang dilakukan oleh siswa,guru mengajar dengan memanfaatkan 2 buah peluru yang dipakai oleh 40 siswa secara bergantian sehingga banyak siswa yang duduk-duduk dipinggir untuk bergantian melakukannya, hal ini menyebabkan proses pembelajaran tidak efektif, sehingga mempengaruhi hasil dari pembelajaran tolak peluru gaya menyamping, dimana siswa pada saat evaluasi melakukan kesalahan-kesalahan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan teknik sikap awalan setelah melakukan modifikasi media pembelajarn (2) peningkatan teknik menolak setelah melakukan modifikasi media pembelajarn, (3) peningkatan teknik akhiran setelah melakukan modifikasi media pembelajarn. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini Adalah lembar observasi dan catatan lapangan.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan permainan modifikasi. Melalui permainan modifikasi ini, siswa melakukan tolak peluru sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga tolak peluru. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik dasar tolak peluru gaya menyamping siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Pare mengalami peningkatan. Hasil observasi awal dari teknik sikap awal dengan tingkat kesalahan 48%, teknik menolak dengan tingkat kesalahan 65% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 43%. Hasil tindakan siklus 1 dari teknik sikap awal dengan tingkat kesalahan 28%, teknik saat menolak dengan tingkat kesalahan 35% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 30%. Hasil tindakan siklus 2 dari teknik sikap awal tingkat kesalahanya 8%, teknik saat menolak dengan tingkat kesalahan 13% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 10%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modifikasi media pembelajaran dapat meningkatkan teknik dasar tolak peluru gaya menyamping VII-A SMP Negeri 1 Pare.
Kata Kunci: Modifikasi, Media, Pembelajaran, Tolak Peluru.


Keyword

modifikasi, media pembelajaran, meningkatkan, teknik dasar tolak peluru

Reference

Arikunto, S. 2006a. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,  S.  2009b.  Penelitian  Tindakan

Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Briggs, Leslie J. 1977. Instructional Design,Educational Technology. Publications Inc. New Jersey : Englewood Cliffs.

Furqon H,M. 2006. Mendidik Anak dengan Bermain. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Gilang Ramadhan,  Tedi  Supriyadi,  E.  S. (2017). Meningkatkan Rangkaian Gerak Lompat Tinggi Melalui Metode Jigsaw Dan Pembelajaran Yang Dikemas Dalam Bentuk Permainan. Sportive, 2.

Lamundu       W,       (2017:1)       (Online).

Meningkatkan   Keterampilan Dasar Tolak Peluru Melalui Modifikasi Media Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SDN NO. 84

Kota   Tengah,   Skripsi.   Goggle

Scholer diakses pada 21 November

2019).

Mulyanto, R. (2016). Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung: UPI.

Schramm, W. 1977. Big Media Litle Media.

London  :  Sage  Public-Baverly

Hills


PUBLISHED

2020-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade