Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Metode Permainan Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani , olahraga dan Kesehatan


Author (Penulis)

Zuhda Rusdiawan
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

17.1.01.09.0136

Abstract

Abstrak

 

Zuhda Rusdiawan: Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Metode Permainan Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Batangsaren Tahun Ajaran 2019-2020 Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung). Skripsi, PENJAS, FIKS UN PGRI Kediri 2020.

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal dan evaluasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2018-2019 pada pembelajaraan lompat jauh gaya jongkok. Pada saat itu masih banyak siswa yang ragu, takut dan belum tuntas dalam melaksanakan lompat jauh gaya jongkok. Teknik tolakan pada kaki yang masih salah, jarak lomptan yang kurang jauh.menjadi permasalahan dalam penelitian ini.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren kecamatan Kauman kabupaten Tulungagung.

 

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan lompat tanpa sasaran tumpuan dan dengan tali karet. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus.

 

Berdasarkan hasil observasi, hasil tindakan, dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat auh gaya jongkok. Pada siklus 1 terdapat 15 siswa yang mampu melakukan dan mendapatkan nilai KKM diatas 75 sebanyak 65 %. Sedangkan pada siklus 2 sebesar 100% siswa yang tuntas dalam melaksanakan lompat jauh gaya jongkok. Dengan berlangsungnya 2 siklus maka tuntas sudah pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Lompat Jauh.


Keyword

Hasil Belajar, Lompat Jauh

Reference

Ibrahim, Rusli. 2000. Pengantar Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online). (http://www.dikti.go.id/files/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf, diakses 10 Oktober 2019).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susarno, Lamijan Hadi, dkk. 2010. Refleksi Pendidikan Masa Kini. Surabaya: Bintang.

Tim Penyusun. 2017. Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kediri: Tanpa Penerbit.


PUBLISHED

2020-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade