PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK DENGAN MEDIA BOLA METEOR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 DOMPYONG KECAMATAN BENDUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ANDRI SUKMANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

16.1.01.09.0174

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa di SD Negeri 3 Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek dalam kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga pada cabang atletik khususnya mata pelajaran lari kurang diminati siswa karena cabang olah raga ini dalam proses pembelajarannya dianggap tidak menyenangkan dan membosankan. Hal itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada saat pembelajaran atletik lari khususnya pada nomor lari jarak pendek menunjukkan hasil yang relatif rendah di banding cabang olah raga yang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar lari jarak pendek dengan media bola meteor pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2017/2018.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan statistik deskriptif. Dalam analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran yang meliputi data hasil observasi siswa.

Hasil dari penelitian ini dalam aktivitas atau kegiatan penelitian pembelajaran lari jarak pendek dengan menggunakan modifikasi alat pada tahapan Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II dapat disimpulkan bahwa :  sebuah pembelajaran lari jarak pendek dengan menggunakan media bola meteor sebagai alatnya dapat meningkatkan fokus dan keaktifan siswa serta suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga pada hasil akhirnya dapat meningkatkan dan mengembangkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci:    Peningkatan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek dengan Media Bola Meteor.


Keyword

Peningkatan Lari Jarak Pendek Dengan Media Bola Meteor

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Kemendikbud 2013, Makananku Sehat dan Bergizi : Buku Siswa. Jakarta : Penerbit Kemendikbud.

 

Kemendikbud 2013, Makananku Sehat dan Bergizi : Buku Guru. Jakarta : Penerbit Kemendikbud.

 

Burstiando, R. 2015. Peningkatan Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Melalui Sport Education Model Pada Permainan Bolabasket. Sportif Jurnal. Kediri: Penerbit Penjaskesrek UNP Kediri

 

Winaputra U.S. 2006. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka

 

Saifuddin. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidiikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Jl Gegerkalong Hilir No.84 Bandung.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade