Pengelompokan Wisata di Kabupaten Kediri


Author (Penulis)

DESVANDA VERDINAN HARIYADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0175

Abstract

ABSTRAK

Wisata adalah suatu kegiatan perjalanan yang dilakukan manusia baik perorangan maupun kelompok untuk mengunjungi destinasi tertentu dengan tujuan rekreasi, mempelajari keunikan daerah wisata, pengembangan diri dalam kurun waktu yang singkat atau sementara waktu. Metode naive bayes ini nantinya akan memberikan sebuah data berupa pilihan-pilihan tempat wisata yang akan dikunjungi oleh calon wisatawan, dimana nantinya ini akan mempermudah calon wisatawan dalam menentukan lokasi wisata mana yang akan dikunjungi dan memberikan informasi-informasi tentang wisata tersebut.

Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana mengelompokkan jenis dan tempat wisata di kabupaten kediri dengan menggunakan metode klasifikasi naive bayes. Penelitian ini menggunakan metode naive bayes dengan obyek penelitian memilih Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri sebagai tempat penelitian. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan sumber primer yaitu wawancara dan observasi, selain itu juga menggunakan sumber sekunder berupa dokumentasi data dari buku yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) informasi yang ringkas pada perancangan klasifikasi diharapkan pengunjung lebih mudah dan lebih cepat dalam menentukan jenis tempat wisata (2) dengan ada perancangan klasifikasi naive bayes diharapkan dapat membantu pengunjung untuk dapat mendeskripsikan tempat wisata di kabupaten kediri.

 

Kata Kunci: wisata, pengelompokan, metode naive bayes


Keyword

pengelompokan, wisata

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arief, A., Widyawan, & Sunafri Hantanto, B. (2012). Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Pariwisata Mobile dengan Menggunakan Metode Collaborative Filtering dan Location Based Filtering. JNTETI, 1(3).

 

Kusuma, D. H., & Shodiq, M. N. (2017). Ssistem Rekomendasi Destinasi Pariwissata Menggunakan Metode Hibrid Case Based Reasoning dan Location Based Service Sebagai Pemandu Wisatawan di Banyuwangi. INTENSIF, 1(1).

 

Lindawati, (2008). Data Mining Dengan Teknik Clustering Dalam Pengklasifikasian Data Mahasiswa Studi Kasus Prediksi Lama Studi Mahasiswa Universitas Bina Nusantara. Universitas Stuttgart, 2008(semnasIF), 174-180

 

Studi, P., Teknik, M., Pascasarjana, P., Atma, U., & Yogyakarta, J (2015). KOMBINASI METODE K-NEAREST NEIGHBOR.

 

Linda Maulida, L. (2018). Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Unggulan Di Prov. DKI Jakarta dengan K-Means, 2(3), 167-174.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade