Evaluasi Penerapan SIM-RS Menggunakan COBIT 5


Author (Penulis)

GITA NATALIA KRISNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0173

Abstract

Saat ini teknologi informasi (TI) menjadi suatu bagian yang sangat penting bagi perusahaan atau lembaga – lembaga yang berskala enterprise. Perusahaan atau lembaga menempatkan teknologi sebagi suatu hal yang dapat mendukung pencapaian rencana strategis perusahaan untuk mencapai sasaran visi, misi dan tujuan perusahaan atau lembaga tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pelayanan pasien di RSUD Lawang belum sepenuhnya dilakukan dengan menggunakan aplikasi SIM-RS secara langsung. Masih adanya pencatatan manual dan kemudian baru proses input data pasien menjadikan sistem sering mengalami data ganda. Dalam proses perbaikan kerusakan server masih memerlukan waktu yang lama sehingga pasien harus beralih ke cara konvensional untuk mendapatkan pelayanaan kesehatan berupa pendaftaran atau mengambil nomor antrian.

Penelitian ini berfokus pada penerapan SIM-RS pada RSUD Lawang dalam pemberian layanan kesehatan pada masyarakat. Standart penelitian ini menggunakan standart COBIT 5 dengan domain APO 07 yang membahas tentang persiapan SDM pada RSUD Lawang, BAI 07 membahas tentang kesiapan istansi dalam penerimaan sistem informasi yang baru (SIM-RS), dan DSS 01 membahas tentang persiapan prosedural dan perawatan dari segala bentuk operasi, infrastruktur dan fasilitas terkait sistem informasi yang digunakan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Level yang dicapai domain APO 07 berada pada level 1. Hal ini disebabkan penerapan SIM-RS pada RSUD Lawang telah memiliki base practice namun dalam perancangan aktivitas belum dimonitor dan dievaluasi dengan baik serta work product yang dimiliki belum diterapkan, dikontrol dan dipertahankan sebagimana mestinya. (2) Level yang dicapai domain BAI 07 berada pada level 2. Hal ini disebabkan penerapan SIM-RS pada RSUD Lawang telah memiliki base practice yang telah terencana, dimonitor dan dievaluasi dengan baik serta dalam pelaksanaannya telah sesuai dengan kebutuhan instansi. Namun terkait proses pelaksanaannya masih belum sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. (3) Level yang dicapai domain DSS 01 berada pada level 1. Hal ini disebabkan penerapan SIM-RS pada RSUD Lawang telah memiliki base practice namun dalam perancangan aktivitas belum dimonitor dan dievaluasi dengan baik serta work product yang dimiliki belum diterapkan, dikontrol dan dipertahankan sebagimana mestinya


Keyword

SIM RS, COBIT 5

Reference

Aldhi, I. F. (2012). COBIT Framework. Rolling Meadows: ISACA

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2000). Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Sarno, R. (2009). Strategi Sukses Bisnis dengan Teknologi Informasi Berbasis. Balanced Scorecard & COBIT. Surabaya: ITS Press.

Saull, R. (2007). IT Governance Using COBIT and VAL IT : Student Book, Second Edition. Rolling Meadows: ITGI.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Yuwono, S. (2004). Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.


PUBLISHED

2019-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade