Rancang Bangun Captive Portal Hotspot manager Pada Wireless Local Area Network (WLAN) Indihome


Author (Penulis)

MOCHAMMAD IMAM THOHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0152

Abstract

Di zaman modern seperti sekarang ini, Internet sangat berperan penting dalam membantu pekerjaan manusia, hampir semua pekerjaan baik dalam skala besar atau kecil menggunakan internet. Perkembangan internet sangatlah cepat, dimulai dari sebuah jaringan internet yang menggunakan kabel dengan skala lokal hingga jaringan internet tanpa kabel dengan skala internasional, terlepas dari semua itu, SMP Islam Al Falah Baron yang masih merupakan pendatang baru dalam dunia internet belum memahami tentang cara menggunakan internet dengan lebih baik dan efisien maka dari itu dilakukanlah sebuah pengembangan jaringan captive portal.

            Subjek dalam penelitian ini adalah merancang sistem hotsopot manager pada SMPI Islam Al Falah Baron agar mempunyai Captive Portal dengan menggunakan metode PPDIO yang nantinya dikerjakan menggunakan Mikrotik Router serta aplikasi mikhmon berbasih local web server sebagai Monitoring user. Sistem yang dibangun adalah Hotspot Manager Captive Portal. Adapun penyusunan meliputi identifikasi masalah, analisis kebutuhan, perancangan hotspot manager, perancangan sistem, serta implementasi jaringan hotspot captive portal.        

            Hasil dari penelitian adalah sistem pengembangan hotspot manger Captive Portal pada SMP Islam Al Falah Baron dapat bekerja dengan baik. Apliaksi web mikhmon  yang berfungsi sebagai Monitoring sistem mampu memantau hampir seluruh aktifitas user yang sedang mengakses jaringan pada SMP Islam Al Falah Baron.

 

KATA KUNCI : Hotspot Login Page, Hotspot Manager, Captive Portal


Keyword

Hotspot Login Page, Hotspot Manager, Captive Portal

Reference

Agus Supriyono dan Imam Riad. (n.d.). Rancang Bangun Sistem Hotspot Menggunakan Captive Portal. Jurnal Sarjana TI No. 1, 1, hal: 175.

Haryadi, M. A., Somantri, M., & Christyono, Y. (n.d.). Perancangan Media Otentikasi Menggunakan Captive Portal Pada Jaringan Wireless Laboratium Komputer Teknik Elektro Universitas Diponegoro.

M. Arif Haryadi. (2016). Perancangan Media Otentikasi Menggunakan Captive Portal Pada Jaringan Wireless Laboratorium Komputer Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Ransient, 5.

Suheri, L. (2008). Analisis Manajemen Hotspot Dengan Aplikasi Captive Portal pada Jaringan Wireless. STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Yutanto, H. (2018). Penerapan Model Promosi Berbasis Web Captive Portal Hotspot dengan Manajemen Terpusat. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 8(1), 49. https://doi.org/10.21456/vol8iss1pp49-56

Nadhif, M. F., dan Sucipto. (2019). Arsitektur Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Queue Tree. 145–150


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade