SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TUGAS AKHIR


Author (Penulis)

MUHAMMAD ANDHIKA DHARMAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0140

Abstract

ABSTRAK

 

Instansi yang bergerak dibidang pendidikan seperti Universitas membutuhkan dukungan sistem informasi dalam peningkatan mutu pelayanan terhadap proses pendidikan. Seperti sistem informasi akademik yang terdiri dari banyaknya proses antara lain perencanaan perkuliahan hingga proses akhir seperti bimbingan tugas akhir atau skripsi.

Permasalahan penelitian ini adalah sistem yang belum efektif dan efisien dalam melakukan pendaftaran tugas akhir hingga melakukan pengajuan judul untuk tugas akhir. Kurang efisiennya informasi dalam pemberitahuan dosen pembimbing kepada mahasiswa yang menempuh tugas akhir. 

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall. Dengan 4 tahapan yaitu analisa sistem, desain, implementasi dan pengujian. Dalam proses perencanaan dilakukan pengumpulan data berupa identifikasi masalah dengan cara observasi untuk menentukan kebutuhan user. Dalam proses analisa dilakukan menganalisa proses bisnis. Untuk desain digunakan untuk merancang proses bisnis menggunakan BPMN, pemodelan data menggunakan DFD, selanjutnya dijabarkan di database dengan menggunakan MySQL dan desain tampilan pengguna. Tahap selanjutnya adalah implementasi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan tools Sublime Text.

Dari hasil penelitian ini adalah sistem informasi manajemen tugas akhir  ini dapat dilakukan secara online serta memfasilitasi dosen pembimbing dalam melakukan review dan approve pengajuan judul sehingga lebih efisien.

Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan dapat direkomendasikan pengembangan penelitian selanjutnya yaitu dapat diintegrasikan dengan website Prodi Sistem Informasi Kampun UN PGRI Kediri. Kemudian dapat dikembangkan menjadi sistem berbasis android atau mobile, sehingga user lebih mudah dalam mengakses aplikasi.

 

Kata Kunci :Manajemen Tugas Akhir, Skripsi, Tugas Akhir


Keyword

Sistem Informasi Manajemen, Tugas Akhir

Reference

DAFTAR PUSTAKA

[1]      S. D. Anggadini, “Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer dalam Proses Pengambilan Keputusan,” Maj. Ilm. Unikom, vol. 11, no. 2, pp. 176–187, 2013.

[2]      B. R. S. Frederick Constantianus, “Analisa dan Desain Sistem Bimbingan Tugas Akhir Berbasis Web dengan Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi,” J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 93–105, 2005.

[3]      S. Akbar, “Pengolahan Data Honor Wartawan Dan Penulis Pt Galamedia Bandung Perkasa,” Univ. Komput. Indones., 2010.

[4]      O. A. L. Stevi A. Wuner, Rizal Sengkey, “Analisa dan perancangan sistem informasi poliklinik unsrat berbasis web,” J. Tek. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 1–5, 2015.

[5]      A. Setiywan, D. Retroningsih, and S. H. Anwarningsih, “Berbasis Web Universitas Sahid Surakarta,” Sist. Inf. Tugas Akhir Berbas. Web Univ. SAHID SURAKARTA, no. 0271, pp. 23–53, 2012.

[6]      A. Dwiyani, “Perancangan Sistem Pendukung Bimbingan Online Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika,” J. Inform. Tanjungpura, pp. 3–7, 2013.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade