ABSTRAK
Bellia Riang Pratama : Sistem Informasi Pelayanan Keluhan Puskesmas Balowerti Kediri, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2018.
Puskesmas Balowerti merupakan salah satu instansi kesehatan di Kota Kediri. Saat ini proses pelayanan keluhan di Puskesmas Balowerti Kediri masih belum maksimal karena dalam penyampaian keluhannya, user masih harus menemui pegawai humas atau melalui kotak kritik. Hal ini membuat proses penyampaian menjadi lama dan kurang efektif karena user harus bertemu langsung pegawai humas serta tidak diketahuinya balasan atau solusi dari keluhan oleh para user.Sehingga dilakukan perancangan untuk membangun sistem informasi pelayanan keluhan puskesmas. Analisis menggunakan metode waterfall dan pemodelan struktural, menggunakan bahasa pemrograman php. Setelah tahap analisis dan implementasi, dilakukan tahap pengujian pada sistem.Hasil yang diharapkan dari pembuatan sistem ini adalah mampu menampung keluhan dari user, meneruskan keluhan ke petugas sesuai kategori keluhan untuk diselesaikan serta menampilkan solusi dari tiap keluhan. Sehingga masalah kurang efektifnya pelayanan keluhan mampu tertangani dan terselesaikan.
Kata kunci: Sistem Informasi, Pelayanan Keluhan, Puskesmas
DAFTAR PUSTAKA
Gunawan, H. & Agustian, I. 2014. Aplikasi Pelayanan Gangguan Listrik Berbasis Web di PLN Rayon Banjaran. Jurnal Informasi: VI(2): 1–15.
Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., & Raya, B. 2017. PROGRAM KELUARGA HARAPAN KOTA PEKANBARU (Studi Kasus : Dinas Sosial Dan Pemakaman Kota Pekanbaru). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi,3(1): 97–101.
Jogiyanto. 2006. Analisis & Desain. Yogyakarta: Andi.
Hidayatullah, P., Kawistara, J.H. 2010. Pemrograman Web. Bandung: Informatika Bandung.
Supriyanto, D. 2008. Pemrograman PHP. Bandung: Oase.