Penerapan Metode TOPSIS Untuk Menentukan Pemilihan Topik Skripsi


Author (Penulis)

SITI MARIATUL QIBTIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0133

Abstract

ABSTRAK

 

Pendidikan adalah suatu proses untuk mengubah sikap dan perilaku dalam usaha untuk pendewasaan seseorang melalui pengajaran serta pelatihan. Seperti halnya proses pendidikan untuk memperoleh gelar sarjana adalah dengan menempuh pendidikan pada perguruan tinggi. Pada jenjang pendidikan tersebut terdapat syarat guna mendapatkan gelar sesuai dengan bidang keilmuan yang di pelajari masing-masing. Skripsi ini berkembang dan berfokus pada jurusan yang diambil pada saat kuliah, namun saat memilih topik skripsi masih banyak mahasiswa yang merasa kesulitan untuk menentukan topik bahasan maupun judul dalam penulisan skripsi.

Penelitian ini menggunakan metode TOPSIS (Technique Order Preference by Similarity to Ideal Solution) untuk membantu mahasiswa dalam menetukan topik skripsi yang sesuai bagi mereka. Metode ini merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk menyelesaikan pengambilan keputusan secara praktis. TOPSIS memiliki konsep dimana alternatif yang terpilih merupakan alternatif terbaik yang memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif dan jarak terjauh dari solusi ideal negatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa program srudi sistem informasi tingkat akhir.

Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa dapat rekomendasi topik skripsi berupa perangkingan dari alternatif-alternatif yang sudah ada beserta nilainya dengan berurutan dari nilai  yang paling direkomendasikan hingga nilai yang terbawah.

 

KATA KUNCI  : Sistem Pendukung Keputusan, Skripsi, TOPSIS

 

Keyword

Metode TOPSIS, Pemilihan Topik Skripsi

Reference

[1] Panggali, R. R., Marisa, F., & Purnomo D. (2017). Sistem pendukung keputusan untuk menentukan judul skripsi jurusan tekhnik informatika komputer dengan  menggunakan metode TOPSIS. ISSN, 2(1), 2503-1945.

 

[2] Ananda, K. R. (2017). Sistem pendukung keputusan untuk menentukan judul skripsi jurusan teknik informatika komputer dengan menggunakan metode simple additive weigthing (saw). ISSN, 1(2), 2301-9426.

 

[3] Daniati, E.,Nugroho,A. (2017).K-Means Clustering with ecision Support System using SAW:Determining Thesis Topic.IEEE International Conference.

 

[4] Daniati, E. (2018). Sistem Pendukung Keputusan dalam Lingkungan Perguruan Tinggi. Nganjuk. Adjie Media Nusantara.

 

[5] Kusumadewi, S., & Dkk. (2006). Fuzzy Multi- Atribut Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu. 

 

PUBLISHED

2019-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade