SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI DAGING MENGGUNAKAN PENDEKATAN e-SUPPLY CHAIN MANAGEMENT


Author (Penulis)

ZAM ZAM IBNU AZHAR ASSRON JANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0119

Abstract

ABSTRAK

 

Sistem Informasi Distribusi Daging Menggunakan pendekatan E-SUPPLY CHAIN MANAGEMENT adalah system berbasis web yang mengintegrasikan antara supplier dan pedagang daging, pedagang-pedagang daging dan konsumen yang memudahkan antar pihak dan dapat menghasilkan koordinasi yang baik antara supplier dan pedagang daging, pedagang dan konsumen.

Permasalahan penelitian ini adalah adanya ketidakseimbangan permintaan dan produksi yang menyebabkan seringnya terjadi kelangkaan stock daging di wilayah Tulungagung, serta terjadinya disparitas (perbedaan) harga.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall. Dengan 4 tahapan yaitu analisa sistem, desain, implementasi dan pengujian. Dalam proses perencanaan dilakukan pengumpulan data berupa identifikasi masalah dengan cara observasi untuk menentukan kebutuhan user. Dalam proses analisa dilakukan menganalisa proses bisnis. Untuk desain digunakan untuk merancang proses bisnis menggunakan BPMN, pemodelan data menggunakan DFD, selanjutnya dijabarkan di database dengan menggunakan MySQL dan desain tampilan pengguna. Tahap selanjutnya adalah implementasi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan tools Sublime Text.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah system informasi ini dapat menghasilkan koordinasi antar kios (pedagang). Pelanggan ke kios (pedagang) maupun kios ke supplier untuk memudahkan pemesanan daging, dan bertukar informasi, dapat memudahkan memprediksi jumlah stock secara akurat.Dari kesimpulan yang diperoleh dapat direkomendasikan pengembangan penelitian selanjutnya yaitu sistem ini dapat dikembangkan lebih kompleks dengan menabahkan fitur-fitur seperti verifikasi akun untuk keamanan dalam sistem, dan dikembangkan berbentuk aplikasi agar lebih praktis.

 

KATA KUNCI  :Sistem Informasi Integrasi, E-SUPPLY CHAIN MANAGEMENT


Keyword

Sistem Informasi, Distribusi Daging, e-Supply Chain Management

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Andri, K. (2003). Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Gava Media.

Ang, H. (2014). Model Supply Chain Management dan Perancangan Aplikasi e-scm pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Bogasari Flour Mills Division. The Winners , 72-84.

Hezier, J., & B, R. (2005). Menejemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Indrajit Eko, R., & Djokopranoto, R. (2005). Konsep Manajemen Supply Chain. 1-247.

Jogiyanto, H. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumawati, T. I., & Wulandari. (2017). Prototipe Sistem Informasi Supply Gas Pertamina Dengan Pendekatan SCM pada Koperasi. 1-24.

Kusumawati, T. I., & Wulandari. (2016). Prototipe Sistem Perencanaan Produksi pada Industri Manufaktur dengan pendekatan e-SCM dan Sematic Web, berbasis Code Igniter dan Responsive Design : Studi Kasus PT.Argo Pantes, Tbk. 1-149.

Pujawan, I. N., & Mahendrawathi. (2010). Supply Chain Management (ed.2). Surabaya: Guna Widya.

Pressman. (2001). Software Engineering A Practitioner’s Approach. New York, America: McGraw-Hil.

Trifidya, L., Sarwosri, & Suryani, E. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi   Manajemen Rantai Pasok Distribusi Daging Sapi Nasional. JURNAL TEKNIK ITS .

Turban, E., & Aronson, J. (2001). Decision Support and Intelegent System (6thed). New Jersey : Prentice-Hall Inc.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informassi. Yogyakarta: Graha Ilmu


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade