SISTEM INFORMASI PEMAKAIAN SEPEDA BERBASIS WEB DI PONDOK PESANTREN


Author (Penulis)

Ahmad Nizar Abdul Majid
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0113

Abstract

Ahmad Nizar Abdul Majid : Sistem Informasi Pemakaian Sepeda Berbasis Web Di Pondok Pesantren”, Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2019.

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa sebagian besar  pemakaian sepeda yang ada dalam proses pengelolaan data transaksi masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu dengan pencatatan data transaksi pada buku. Dengan pencatatan data pelayanan yang masih konvensional, akan menimbulkan resiko akan kehilangan data. Sehingga akan memakan waktu lama. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana cara menganalisa dan membuat sistem informasi pemakaian sepeda berbasis web yang dapat mengelola data transaksi dengan akurat dan up to date.

                        Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metodologi pengumpulan data dan informasi dengan  melakukan wawancara, pengamatan dan studi pustaka. Sedangkan untuk perancangan sistemnya menggunakan bahasa pemograman PHP (Hypertext Preprocessor) dan untuk penyimpanan data atau database management sistem menggunakan MySQL, pengujian sistemnya menggunakan metode black box.

                        Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan yaitu, komputerisasi sebagai alternatif pemecah masalah data dan dapat membantu menangani permasalahan yang ada pada sistem lama, sistem informasi sepeda dapat mencatat data transaksi dan user, sistem aplikasi sepeda dapat membuat laporan transaksi.

.

 

Kata Kunci  : Sistem Informasi, Sepeda, Pondok Pesantren.

 


Keyword

Sistem Informasi, Surat Tanda Nomer Sepeda.

Reference

Burrahman, A. (2017). Membangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Pondok Pesantren Salafiyah Al-Baqiyatussa'diyah Tembilahan. Jurnal Sistemasi, 33-40.

Fadiel Muhammad, & Asri Mulyani. (2016). Pengembangan Sistem Informasi Penggajian Di Pesantren Persis 99 Rancabango. Jurnal Algoritma, 348-355.

Jogiyanto. (2015). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kadir, A. (2008). Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mohammad Vieky Toyibah, & Desy Purwanti Kusumaningrum. (2015). Sistem Informasi Geografis Pondok Pesantren Di Kota Rembang Berbasis Web. Jurnal Informasi, 1-15.

Ryan Alparisi, & Bunyamin. (2015). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASH-SHOFI BERBASIS WEB. Jurnal Algoritma, 1-6.

Saifudin. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pondok Pesantren Berbasis Web. Jurnal Evolusi, 32-37.

Sutabi, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

wijaya, A. (2007). Penggunaan DFD dan ERD Pada Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Suku Cadang Dan Pelayanan Service Pada PT.Mitra Maju Mobilindo. Jurnal teknik Informasi, 44-59.


PUBLISHED

2019-07-26

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade