PENENTUAN DELAY PENERBANGAN AKIBAT CUACA MENGGUNAKAN DECISION TREE


Author (Penulis)

PIPI DWI SEFTYANING PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0107

Abstract

ABSTRAK

            Penundaan jadwal penerbangan terjadi karena factor cuaca yang buruk dan dapat berakibat terjadinya turbelensi pada mesin pesawat. akibat dari penundaan penerbangan adalah banyaknya penumpang yang menumpuk di bandara dan tidak mendapat informasi yang memadai dan fleksibel. Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan informasi para penumpang, maka pihak maskapai memerlukan suatu metode yang dapat digunakan untuk membantu menentukan penundaan penerbangan yang bertujuan untuk mendpatkan pola atau model pengetahuan dari data yang diperoleh sebagai rekomendasi dalam pengambilan keputusan. Analisa delay penerbangan menggunakan metode klasifikasi dengan menggunakan algoritma Decision Tree yang telah diolah diharapkan dapat mempermudah pihak maskapai penerbangan dalam mengambil keputusan untuk melakukan delay penerbangan yang diakibatkan cuaca yang membahayakan keselamatan penumpang.

KATA KUNCI  : Penentuan Delay Penerbangan, Decision Tree, Klasifikasi.


Keyword

Decision tree, klasifikasi

Reference

Algoritma, M., Untuk, C., Iriadi, N., & Nuraeni, N. (n.d.). KAJIAN PENERAPAN METODE KLASIFIKASI DATA KELAYAKAN KREDIT PADA BANK, 132–137.

Azmi, Z., Dahria, M., Studi, P., Komputer, S., Studi, P., & Informasi, S. (1978). DECISION TREE BERBASIS ALGORITMA UNTUK, 157–164.

Ibrahim, D. (2017). Analisis Hubungan antar Faktor dan Komparasi Algoritma Klasifikasi pada Penentuan Penundaan Penerbangan Analisis Hubungan antar Faktor dan Komparasi Algoritma Klasifikasi pada Penentuan Penundaan Penerbangan, (September).

Indrawan, G., Sarjana, P., Pendidikan, U., Studi, P., & Komputer, I. (2016). PENERAPAN METODE DECISION TREE ( DATA MINING ) UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT KELULUSAN SISWA SMPN1, 35–44.

Sholikhin, M. N., & Rahayu, Y. (2013). Analisis Delay Penerbangan Akibat Cuaca di Bandara Ahmad Yani Semarang dengan Algoritma C4 . 5, 5, 1–10.

Thi, T., Dan, B., Informatika, J., Maret, U. S., Sihwi, S. W., Informatika, J., … Maret, U. S. (2015). Vol 4 . No 2 . Desember 2015 ISSN : 2301 – 7201 IMPLEMENTASI ITERATIVE DICHOTOMISER 3 PADA DATA KELULUSAN MAHASISWA S1 DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET, 4(2), 84–91.

 


PUBLISHED

2019-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade