Pemilihan Sparepart Motor Dengan Metode Weighted Product


Author (Penulis)

HAMIM ARIFUNAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0092

Abstract

ABSTRAK

 

       Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Sekarang banyak macam varian sparepart motor lengkap dengan keunggulan dan kelebihannya. Hal ini tentunya akan mempersulit konsumen dalam menentukan pilihan yang tepat dan sesuai dengan pilihan yang diinginkan untuk kebutuhan motornya. Karena semakin banyak merk dan tipe sparepart motor yang diproduksi dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

       Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana membuat sistem pendukung keputusan pemilihan sparepart motor dengan metode weighted product?.

       Penelitian ini menggunakan observasi yaitu peneliti melakukan pengamatan langsung ketika kegiatan berlangsung. Oleh karena itu perlu dibuat sebuah sistem pendukung keputusan yang membantu para konsumen untuk menentukan sparepart motor yang cocok dengan pilihan konsumen dengan menggunakan metode weighted product (wp). Metode weighted product (wp) ini dapat mengurutkan alternatif dari nilai yang terbesar ke nilai yang terkecil.

       Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Sistem pemilihan sparepart motor dapat membantu memberikan rekomendasi konsumen dalam memilih sparepart motor yang sesuai kebutuhan berdasarkan kriteria – kriteria. (2) Membantu konsumen memilih sparepart yang sesuai. (3) Efisiensi pemilihan sparepart bagi konsumen untuk memilih sparepart.

       Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan penambahan kriteria seiring perkembangan pengguna sehingga dapat meningkatkan kinerja sistem. (2) Mengembangkan penelitian dengan menggunakan metode lain untuk membandingkan hasilnya dan dapat dijadikan pengembangan sistem yang lebih baik.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product, Sparepart.


Keyword

a

Reference

Hartono, J. (2001). Analisis Dan Desain Sistem Informasi. 12th Edition. Yogyakarta: Andi Offset.

Hatta, H. R., Rizaldi, M., & Khairina, D. M. (2016). Penerapan Metode Weighted Product Untuk Pemilihan Lokasi Lahan Baru Pemakaman Muslim Dengan Visualisasi Google Maps. Jurnal Teknosi, Vol 2 85-94.

Jogiyanto. (2005). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Jogiyanto, H. (1999). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Khairina, D. M., Ivando, D., & Maharani, S. (2016). Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android. Jurnal Infotel, Vol 8 : hal 16-23.

O'brien, J. A. (2005). Introdution to Information System. Yew York: McGraw Hill Companies Inc.

Sianturi, I. S. (2013). Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemilihan Jurusan Siswa Dengan Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus: SMA Swasta HKBP Doloksanggul, Vol 1 : hal 19-22.

Turban. (2001). Decision Support System and Intelligent System. 6th edition. Prentice Hall: Upper River, NJ.


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI