Diagnosa Penyakit tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining


Author (Penulis)

HESTIA SUNJANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0084

Abstract

ABSTRAK

 

Hestia Sunjani : Dianogsa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining”, Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2019.

 

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa sebagian besar pentingnya tanaman padi adalah salah satu sumber makanan pokok bangsa kita, sehingga tanaman tersebut menjadi salah satu bidang pertanian yang digalakkan dan hampir setiap wilayah indonesia. Dalam hal ini sering terjadi, banyak kerugian yang diakibatkan karena adanya penyakit tanaman padi yang disebabkan oleh faktor lingkungan, manusia serta hama tanaman khususnya patogen atau micro organisme pengganggu (virus, bakteri, dan jamur).

Oleh sebab itu dirancang sistem pakar berbasis web menggunakan basis aturan (rule based reasoning) dengan metode inferensi forward chaining yang dimaksudkan untuk membantu petani dalam mendiagnosa penyakit tanaman padi dan sistem tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sebuah informasi oleh para petani untuk memperkecil resiko kerusakan tanaman serta gagal panen juga menghasilkan kualitas beras yang bagus.

Pada penelitian ini si peneliti di Desa Jeli Kec. karangrejo Kab. Tulungagung ini menghasilkan satu sistem pakar yang berfungsi untuk membantu CV Medika Alam Sakina sehingga lebih dimudakan untuk mengubah kodingan.

Kata Kunci : Expert System, Forward Chaining, Tanaman Padi


Keyword

SPK Diagnosa Penyakit tanaman Padi

Reference

 

V. DAFTAR PUSTAKA 

[1] O. Sativa, “Padi,” Budid. Pertan., pp. 1–16, 1952. 

[2] Kusrini, Sistem Pakar “Teori dan Aplikasi.” Yogyakarta: ANDI, 2006. 


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade