PERANCANGAN SISTEM PERAMALAN PENJUALAN BARANG PADA UD. LANCAR JAYA MALANG


Author (Penulis)

LASFARINA PUTRI SURYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0070

Abstract

ABSTRAK

     Di era modern seperti saat ini semua sudah berjalan terkomputerisasi dan serba digital, dimana semua orang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempermudah kehidupan sehari-harinya. Jelas dalam dunia bisnis sistem informasi digunakan dalam perusahaan kecil hingga perusahaan besar, teknologi dimasa sekarang ini sudah begitu lekat dan tidak dapat dipisahkan. Dan masalah yang sangat umum dihadapi oleh perusahaan adalah memprediksi persediaan barang pada masa yang akan datang, dan ini sangat berpengaruh pada pemilik perusahaan untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Jika pemilik perusahaan hanya memperkirakan saja berapa jumlah persediaan yang dibeli dalam periode selanjutnya ini tentu beresiko juga untuk perkembangan perusahaan.

     Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dapat memprediksi kebututuhan persedian barang pada periode berikutnya dengan memanfaatkan data penjualan periode sebelumnya.

Penelitian ini merancang sebuah sistem peramalan penjualan dengan menggunakan metode Single Exponential Smoothing.

     Dalam penilitian ini disimpulkan bahwa sistem peramalan penjualan dapat membantu pemilik perusahaan dalam pengambilan keputusan dalam menentukan persediaan stok barang pada periode berikutnya dengan bahan pertimbangan adalah tingkat akurasi error yang ada.


Keyword

PERANCANGAN SISTEM, PERAMALAN PENJUALAN, SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Anatasya, R. (2015). Sistem Informasi Meramalkan Penjualan Barang Dengan Metode Double Exponential Smoothing (Studi Kasus: PD.Padalarang Jaya). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, I(1), 27-32.

Andriyanto, T. (2014, Februari 19). Pengendalian Persediaan barang Dengan Pendekatan Periodic Review dan Adaptive Respose Rate Single Exponential Smoothing Di Arta Swalayan Kediri. Seminar Nasional TeknologiInformasi dan Multimedia STMIK AMIKOM, 67-72.

Andriyanto, T. (2017, Februari). Sistem Peramalan Harga Emas Antem Menggunakan Double Exponential Smoothing. INTENSIF, I(1), 1-9.

Cahyarizki Adi Utama, Y. W. (2016, Agustus). Pengembangan SI StokBarang Dengan Peramalan Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing (Studi Kasus : PT Tomah Jaya Elektrikal). Jurnal Informatika Polinema, II(4), 147-153.

Hendra, A. (2016, Mei). Pengembangan Sistem Informasi Penjualan dan Peramalan Jual Beli Menggunakan Metode Weighted Moving Average (Studi Kasus Toko Emas Maju Sari Kota Malang). II(3), 138-143.

Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Karmawati, W. (n.d.). Peramalan Penjualan Elektronik Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing dan Double Exponential Smoothing Pada Toko Lina Mandiri Elektronika Cunda. 27-53.

Ladjamudin. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade