Implementasi Customer Relationship Management Pada E-Commerce Sistem Informasi Penjualan


Author (Penulis)

ILHAM KHARIR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0069

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penjualan seringkali terkendala jumlah stok barang elektronik yang tersedia tidak akurat. Karena sistem yang masih manual dinilai kurang mendukung informasi pada perusahaan dan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Diperlukan sistem yang dapat mengenalkan produk elektronik secara luas, maka diperlukan website e-commerce sebagai media yang memudahkan pelanggan dalam memeperoleh informasi tentang barang elektronik. Sehingga meningkatkan penjualan pada perusahaan.

     Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana merancang sistem penjualan yang mengimplementasikan e-commerce? (2) Bagaimana sistem penjualan mengimplementasikan Customer Relationship Management?

    Penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan cara menganalisa perusahaan tersebut serta mengidentifikasi masalah yang ada dan merancang e-commerce dengan menambahkan customer relationship management kemudian mengujinya.

     Kesimpulan hasil penelitian ini, (1) Memberikan  kemudahan bagi pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan dan memperoleh informasi yang dibutuhkan. (2) Perusahaan dapat menjaga loyalitas dengan pelanggan yang telah ada dan dapat menarik pelanggan baru.

     Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, dengan adanya sistem customer relationship management, maka akan memberi kemudahan melalui penjualan online bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan barang tanpa harus datang langsung ke perusahaan.


Keyword

a

Reference

     Pramudiya, H. E., Handarkho, Y. D., & Rahayu, F. S. (2015). Pengimplementasian CRM Pada Pembangunan E-Commerce untuk Usaha Mikro Kecil Menengah ( Studi Kasus : Dolanan Puzzle ). Buana Informatika, 6(Oktober), 257–268.

      Afrina M, Ibrahim A, Sistem J, Fakultas I, Komputer I, Response A, Library D, Informasi S, Sistem J, Fakultas I, Komputer I, Sriwijaya U Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 5, issue 2 (2013) pp. 629-644.

      Purbo, Onno W. 2000. Mengenal E-Commerce, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

      Fauziah, Agustina, I., & Andryana, S. (2012). Pt Cordova Garment Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, 2012(semnasIF), 59–64.

      Haryanti, S., & Irianto, T. (2011). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus. Journal Speed, 3(1), 8–14.

     Universitas, R., Maranatha, K., Rektor, P., Kristen, U., Fakultas, D., Informasi, T., … Emanuel, R. (2011). Jurnal Sistem Informasi Jurnal Sistem Informasi. Sistem Informasi UKM, 6(1), 1–206.

     Warman, I., & Zahni, A. (2013). Rekayasa Web Untuk Pemesanan Handphone Berbasis JQUERY Pada Permata Cell. Momentum, 15(2), 30–38.

     Bisnis, M., & Lebih, O. (2014). new entrepreneur orientation.

     Amanda, R. P. (2016). TRIVAGO-THE HOTEL SEARCH.

     Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A. (2012). Penerapan Customer     Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN) 1,2,3. Sistem Informasi, 4(2), 516–529. Retrieved from

     Dzacko, H. (2007). Basis Data (database). Jurnal Basis Data ICT Research Center UNAS, 5, 1–28


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI