SISTEM PERAMALAN PENJUALAN TELUR PUYUH MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE


Author (Penulis)

AJENG RAHAYUNINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0050

Abstract

 

ABSTRAK

 

AJENG RAHAYUNINGTYAS:  SISTEM PERAMALAN PENJUALAN TELUR PUYUH MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE Skripsi, Sistem Informasi, Fakultas Teknik Universitas Nusantara PGRI Kediri,2019

 

Kata Kunci: PERAMALAN, PENJUALAN TELUR PUYUH, MOVING AVERAGE

 

Pada Era komputerisasi ini kebutuhan manusia akan informasi memacu pesatnya perkembangan teknologi di bidang informasi dan teknologi telekomunikasi. Teknologi yang semakin meningkat didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, membuktikan bahwa kini informasi telah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Sistem informasi dan teknologi informasi berfungsi sebagai pendukung untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang tersedia. masalah jumlah penjualan yang tidak pasti yang dimana dari pihak peternakan ini merasakan kerugian ketika ternyata penjualan menurun yang mengakibatkan stok telur puyuh sebagian ada yang sudah rusak maupun busuk dikarenakan terlalu lama disimpan di dalam Gudang penyimpanan, oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang dapat memprediksi ataupun meramal penjualan telur puyuh, sehingga pihak peternakan bisa mengatur jumlah stok yang sekirannya bisa disimpan di dalam gudang penyimpanan.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana membangun sistem peramalan penjualan telur puyuh

Menggunakan metode Moving Average untuk meramalankan penjualan bulan berikutnya dengan melakukan perhitungan jumlah pemakaian setiap bulannya.

Kesimpulan hasil penelitian ini, (1) Memberikan kemudahan pada bagian umum untuk manajemen stok barang dan meramalankan penjualan untuk bulan depan.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, dengan adanya sistem peramalan penjualan, maka akan memberi kemudahan untuk melakukan penjualan barang dan mengetahui jumlah stok yang ada dan melihat penjualan bulan berikutnya.


Keyword

PERAMALAN, PENJUALAN TELUR PUYUH, MOVING AVERAGE

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Andriyanto, T. (2017). Sistem Peramalan Harga Emas Antam Menggunakan Double Exponential Smoothing. INTENSIF, 1(1), 1–9. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/intensif/article/view/531

Jogiyanto. (1999), Analisis dan Disain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Bisnis, Yogyakarta: Andi

Teguh Andriyanto. (2014). Pengendalian Persediaan Barang Dengan Pendekatan Periodic Review dan Adaptive Respose Rate Single Exponential Smoothing di Arta Swalayan Kediri. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. Yogyakarta: STMIK AMIKOM.

Turban, E. 2005. “Decision Support Systems and Intelligent System.” In ed. Andy. Yogyakarta., 136.

Sungkawa, I., & Megasari, R. T. (2011). NILAI RAMALAN DATA DERET WAKTU DALAM SELEKSI MODEL PERAMALAN VOLUME PENJUALAN PT SATRIAMANDIRI CITRAMULIA Iwa Sungkwa; Ries Tri Megasari. ComTech, 2(2), 636-645.

Suwastika, N. A., W, P. W., & Harsono, T. B. (2015). Model Prediksi Simple Moving Average Pada Auto-Scaling Cloud Computing. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, I(3).

Widya, K. B. (n.d.). METODE MOVING AVERAGE DAN METODE WINTER DALAM PERAMALAN, 1–12.

Subagyo, Pangestu. 1986. Forcesting Konsep and Aplikasi. BPEE UGM: Yogyakarta

 (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.


PUBLISHED

2019-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade