Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Persediaan Obat pada PUSKESMAS Papar


Author (Penulis)

YENI SETYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0028

Abstract

ABSTRAK

Pada penelitian saat ini dilatar belakangi hasil pengalaman peneliti bahwa pada saat ini puskesmas papar mengalami masalah dalam pengolahan data persediaan obat yang masih menggunakan cara manual dengan mencatat transaksi yang ada pada buku besar dan direkap disetiap akhir bulannya, sehinnga masih mengalami kesulitan untuk pengecekan data persediaan obat serta kesulitan dalam pencatatan akibatnya lama dalam pembuatan laporan bulanan persediaan obat. Adapun tujuan pada penelitian ini untuk mempelajari dan menganalisa masalah dari sistem informasi persediaan obat pada puskesmas papar. Dalam perancangan penelitian ini sistem yang digunakan DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram). Sedangkan dalam pembuatan sistem menggunakan alat bantu menggunakan MySQL untukmerancang basisdata. Hasil dari interface tersebut lalu dievaluasi menggunakan metode pengujian Black Box. Maka dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini bahwa persediaan obat pada puskesmas papar menimbulkan masalah sehingga sangatlah mengganggu proses pembutan laporan persediaan obat.

 

KATA KUNCI  :Persediaan obat, puskesmas, website


Keyword

Sistem Informasi, Persediaan Obat,Puskesmas

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Mega, M. (2014). Penerapan metode straight selectoin pada sistem parkir Universitas Bina Nusantara. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, x(1), 95–99.

 

Rosmala. (2007). pemodelan proses bisnisb2b dengan bpmn. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.

Sarosa Samiaji. (2017). metodologi pengembangan sistem informasi. jakarta barat.

Wardani Riskia Rahma. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN OBAT PADA PUSKESMAS PAYO SELINCAH JAMBI. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, Vol.2, No., 455–469.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PUBLISHED

2019-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade