Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web Responsif


Author (Penulis)

MUHAMMAD SHULHAN HADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0022

Abstract

ABSTRAK

 

Muhammad Shulhan Hadi : Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web Responsif”, Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2019.

 

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa sebagian besar pelayanan jasa laundry yang ada dalam proses pengelolaan data transaksi masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu dengan pencatatan data transaksi pada buku tulis. Dengan pencatatan data pelayanan yang masih konvensional, akan menimbulkan resiko akan kehilangan data. Sehingga akan memakan waktu yang lama.

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana cara menganalisa dan membuat sistem informasi pelayanan jasa laundry berbasis web responsif yang dapat mengelola data transaksi dengan akurat dan up to date.

Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metodologi pengumpulan data dan informasi dengan melakukan wawancara, pengamatan dan studi pustaka. Metode yang digunakan untuk mengembangkan sistem informasi laundry yaitu metodologi waterfall.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil  kesimpulan yaitu, komputerisasi sebagai alternatif pemecah masalah data dan dapat membantu menangani permasalahan yang ada pada sistem lama, sistem informasi laundry dapat mencatat data transaksi dan user, data tersimpa lebih aman, mudah dalam pencarian dan update data, aplikasi laundry dapat membuat laporan transaksi berkala.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: untuk pengembangan penelitian selanjutnya yaitu, pembuatan sistem laporan laba rugi dan  pembuatan Sistem laporan keuangan.

 

Kata Kunci  : Sistem Informasi, Pelayanan Jasa, Laundry, Web Responsif.


Keyword

Sistem Informasi, Pelayanan Jasa, laundry, Web Responsif

Reference

 

Daftar Pustaka

Hadiati, S., & Ruci, S. (1999). Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Telkomsel Malang Area, 1(1), 56–64.

Sucipto. (2017). Perancangan Active Database System pada Sistem Informasi Pelayanan Harga Pasar, 1(1), 35–43.

Nurjoko. (2011). Analisa User Requirement Spesification Sistem Informasi Akademik On-Line, 11(2), 9–17.

Rezha, F., & Rochmah, S. (2004). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masysrakat(Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Di Kota Depok), 1(5), 981–990.

Supriyati, Endang, Meimaharani, R. (2013). Sistem Informasi Pengobatan Tradisional Jawa (Petraja) Berbasis Web Responsif, 4(1), 21–29.

Sunarti. (2014). Rancang Bangun Sistem Administrasi Jasa Laundry. Paradigma, XVI(2).

Kumayza, T. N. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kabupaten Kutai Kartanegara, 1(2), 614–628.

Jogiyanto, H. (2005). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

 

 

 

 


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade