Sistem Informasi Point Of Sale Dengan Framework Codeigniter


Author (Penulis)

MUHAMMAD HASYIM RAVINDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0018

Abstract

ABSTRAK

 

Muh. Hasyim Ravinda : Sistem Informasi Point Of Sale Dengan Framework Codeigniter”, Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2019.

Penelitian ini di latar belakangi melihat permasalahan yang ada pada CV. Zaluna Net, yang terletak di Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung, proses penjualan yang masih dilakukan dengan cara konvensional seperti melalui Whatshapp,Facebook dll, pengelolaan data yang masih konvesional dan tanpa adanya persediaan pada masing-masing barang sehingga proses penjualan barang pada CV. Zaluna Net menjadi terlambat, seperti Access Point, Antena Omni, Box Access Point, kabel pigtail/kabel jumper, POE (Power Over Ethernet), Kabel UTP/STP. Untuk dapat mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem informasi manajemen berbasis WEB yang responsif sehingga mampu memberikan solusi informasi tentang status invetori dan penjualan,

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana merancang Website toko Online yang sederhana dan ringan namum dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan memudahkan penjual dalam mengelola data. Bagaimana membuat Website toko Online agar dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan transakasi jual beli barang.

Untuk melakukan penelitian ini  menggunakan metode penelitian model waterfall dengan analysis pengumpulan data, design database, code pemrograman codeigniter, PHP dan MySQL, ,dan test pengujian dengan black box.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah hasil yang telah diperoleh selama perencanaan, pembuatan dan pengujian, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun sesuai dengan pencanaan yang telah dibuat. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan black box testing dapat memudahkan bisnis aplikasi point of sale.

Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: untuk pengembangan penelitian selanjutnya perlu adanya penambahan fasilitas lain yang mendukung fungsional Website sehingga konsumen akan terus mengunjungi Website, maka kemungkinan untuk belanja pun semakin tinggi.

 

Kata Kunci  : Sistem Informasi, Point Of Sale, Codeigniter.


Keyword

Point of sale, Codeigniter

Reference

Daftar Pustaka

Basuki, A. P. (2010). Membangun Web Berbasis PHP Dengan Framework Codeignitier. Yogyakarta: Penerbit Lokomedia.

Jogiyanto. (2005). Analisis Dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. (2009). Membuat Aplikasi Web Dengan PhpMyAdmin Dan Database MySQL. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Lukmanul, H. (2010). Bikin Website Super Keren Dengan PHP dan JOuery. Yogyakarta: Penerbit Lokomedia.

Pressman, D. P.  (2010). Software Engineering : a practitioner's approach. New York: McGraw-Hill.

Ramdhani, M. A. (2015).  Pemodelan Proses Bisnis Sistem Akademik Menggunakan Pendakatan Business Process Modelling Notation(BPMN) (Studi Kasus Institusi Perguruan Tinggi XYZ). Jurnal Informasi, pp. 83-93.

Setiawan, B. K.  and Ardhini, W. U. (2017).  Perancangan Dan Pembuatan Sistem Aplikasi Point Of Sale Berbasis Website Pada UD. ES Drop Cita Rasa. Jurnal Manajemen Informatika, pp. 36-45.

Sudjana, N. (2013). Pengertian Dan Kelebihan MySQL. Yogyakarta: Penerbit UNICOM.

Wijaya, A. (2007). Penggunaan DFD dan ERD Pada Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Suku Cadang Dan Pelayanan Service Pada PT.Mitra Maju Mobilindo. Jurnal teknik Informasi, pp. 44-59.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade