PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SISTEM SERVICE LAPTOP


Author (Penulis)

CALVIN KWEESLEY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0016

Abstract

ABSTRAK

 

 

            Pada era teknologi informasi saat ini, dibutuhkan informasi yang dapat menunjang dalam pengambilan keputusan suatu perusahaan secara cepat dan tepat. Seperti pada peneilitian ini, sebuah usaha yang bergerak dalam jasa service masih terbilang tradisional dalam pengoprasian sistemnya, sehingga memerlukan tenaga dan waktu lebih untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka.

            Permasalah penelitian ini adalah Bagaimana merancang sistem informasi yang mana dapat mempermudah pengelolaan data konsumen untuk sebuah laporan pada jasa service ini, seperti stok barang data konsumen beserta laptop yang harus diservice. Tidak hanya itu sistem ini juga harus bisa merancang sistem yang mana dapat mempercepat dan mengurani pemakaian sumber daya manusia yang berlebih tanpa mengurangi kinerja jasa yang disediakan, karena bagaimanapun bisnis ini membutuhkan kepercayaan dari konsumen.

            Metode pengembangan yang digunakan adalah Waterfall. Dengan 5 tahapan yaitu analisis kebutuhan perangkat lunak, desain, pembuatan kode program, pengujian dan pendukung atau pemeliharaan yang mana akan sangat berguna jikalau ada pengembangan atau perubahan system dari jasa service ini. Untuk perancangan proses bisnis menggunakan BPMN, untuk pemodelan data menggunakan DFD dan ERD, selanjutnya dijabarkan dalam database menggunakan MySQL. Tahap selanjutnya adalah implementasi menggunakan bahasa pemrograman PHP.

            Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sistem pendaftaran konsumen berbasis web yang dapat memberikan kemudahan kepada pengguna dalam melakukan input data konsumen beserta data mekanik yang mana akan dijadikan laporan transaksi yang berisi semua aktivitas service yang telah dilakukan dan pembuatan laporan yang simple dan cepat sehingga pengguna lebih efektif dan efisiensi waktu dan tenaga.

 

KATA KUNCI  : Sistem Informasi, Sistem Antrian, Transaksi Penjualan, Stok Barang.


Keyword

Sistem Informasi, sistem antrian, transaksi penjualan, stock

Reference

Adita Ayu Prawiyanti, R. A. (2013). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SURAKARTA . Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA, 43-53.

Afyenni, R. (2014). PERANCANGAN DATA FLOW DIAGRAM UNTUK SISTEM INFORMASI SEKOLAH (STUDI KASUS PADA SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP). Jurnal TEKNOIF Vol. 2 No. 1, 35-39.

Hendrianto, D. E. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. Journal on Networking and Security - Volume 3 No 4, 57-64.

Indah, I. N. (2013). PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN . Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 16 FTI UNSA Vol 10 No 2 , 124-128.

Iswandy, E. (2015). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMAAN DANA SANTUNAN SOSIAL ANAK NAGARI DAN PENYALURANNYA BAGI MAHASISWA DAN PELAJAR KURANG MAMPU DI KENAGARIAN BARUNG – BARUNG BALANTAI TIMUR. Jurnal TEKNOIF Vol. 3 No. 2 , 70-79.

Jihan Ulya Alhasanah, K. R. (2014). PENGARUH KEGUNAAN, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS INTERAKSI LAYANAN WEB E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE . Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 15 No. 2, 1-10.

Prihati, Y. (2012). Simulasi Dan Permodelan Sistem Antrian Pelanggan di Loket Pembayaran Rekening XYZ Semarang . Majalah Ilmiah INFORMATIKA Vol. 3 No. 3, 1-20.

Putri, L. D. (2014). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru . Journal on Networking and Security - Volume 3 No 4 , 1-4.

Rice Novita, N. S. (2015). SISTEM INFORMASI PENJUALAN PUPUK BERBASIS E-COMMERCE. Jurnal TEKNOIF, 1-6.

 

Yeremia Yuliawan, M. D. (2013). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN JEMAAT GEREJA MASEHI ADVENT HARI KETUJUH KONFERENS JAWA KAWASAN TIMUR BERBASIS WEB . JSIKA Vol 2, No 2, 84.

Rosa A S, & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan

Beroientasi Objek. Bandung: Informatika.

 

Wahana, A., & Riswaya, A. R. (2014). Perancangan Aplikasi Pengolahan Data

Report Penjualan. Jurnal Computech & Bisnis, 8(1), 25.

 

Nugroho, B. (2014). Pemrograman Web : Membuat Sistem Informasi Akademik

Sekolah dengan PHP-MySql dan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.

 

Ade Hendini (2016). PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI

MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS:

DISTRO ZHEZHA PONTIANAK). Jurnal KHATULISTIWA

Informatika, Vol. IV, NO. 2.

 

Ani Oktarini & Elan Nuari (2017). RANCANG BANGUN SISTEM

INFORMASI PERSEDIAAN BARANG BERBASIS WEB DENGAN METODE FAST(FRAMEWORK FOR THE APPLICATIONS). Jurnal PILAR Nusa Mandiri Vol. 13, No. 2.

 

Sri Rahayu, Tuti Nur Haeni & Malidah Rohma (2015). SISTEM PERSEDIAAN

ALAT TULIS KANTOR SEBAGAI PENUNJANG PENGAMBILAN KEPUTUSAN BAGIAN LOGISTIK DI PERGURUAN TINGGI RAHARJA. Vol.8

No.2


PUBLISHED

2019-07-26

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade