Sistem Informasi Pemasaran Handycraft Berbasis Online


Author (Penulis)

NAYANG UMBARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0009

Abstract

ABSTRAK

 

Nayang Umbara : Sistem Informasi Pemasaran Handycraft Berbasis Online”, Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2018.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan  peneliti, bahwa sebagian besar industri kerajinan yang ada, dalam proses pemasarannya masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu dengan menggunakan media sosial. Dengan cara pemasaran seperti ini maka akan membuat industri kerajinan tidak akan dapat meningkatkan pemasaran produknya, apalagi diera modern teknologi seperti sekarang ini, para pelaku industri kerajinan juga harus mengembangkan pasarnya melalui cara pemasaran yang lebih baik.

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana membuat  sistem informasi berbasis online yang dapat memasarkan produk kerajinan agar dapat memudahkan pelaku usaha dan kustomer dalam bertransaksi dan juga menampilkan informasi produk secara detail melalui aplikasi dengan up to date.

Penelitian ini, menggunakan metodologi pengumpulan data dan informasi dengan melakukan wawancara, pengamatan dan studi pustaka. Metode yang digunakan adalah waterfall atau pendekatan sistematis dan juga berurutan paa pengembangan perangkat lunak.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan adanya sistem pemasaran online ini pelaku industri kerajinan dapat dengan mudah memasarkan produk-produknya. Kustomer  mudah dalam bertransaksi membeli produk-produk kerajinan melalui online.

Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya: sebagai pengembangan penelitian dapat dibuat suatu laporan data barang untuk mengetahui barang yang ada dan laporan data pelanggan, sehingga dapat memepermudah dalam mengelola informasi mengenai pelanggan..

 

Kata Kunci  : Sistem Informasi, Pemasaran, Handycraft, Online.


Keyword

Sistem Informasi, Pemasaran, Berbasis Online

Reference

Jogiyanto, HM. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Gerlinas. Oram. Wiggins. (1990). Accounting Information System. PWS-KENT Publishing Company.

Kadir, Abdul. (2002). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Kotler. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta : Erlangga.

Gordon B. Davis. ( 1999 ). Sistem Informasi Management, PT. Ikrar Mandiri.

Zulkifli. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pemasaran (E-Commerce) PT.Jogja Kelapa Mas Berbasis Web, 14(1), 1-103.

Ovi Dyantina. Mira Arfina. Ali Ibrahim (2012). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN), 4(2), 516-529

Moh, Khafid Taufani. Riyadi. Rizki Yudhi Dewantara (2016). Analisis Dan Desain Sistem Informasi Pemasaran (Studi Pada Sistem Informasi Pemasaran untuk Promosi CV.Intan Catering), 38(2).

Noni Rahmawati. Herry Mulyono. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Web Pada Toko BILLY, 1(2), 104-116.

Sugiarto Hartono. (2014). Pengembangan Sistem Informasi Pemasaran Pada CV.RUMAH VERA, 5(1),  410-420.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade