Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kualitas Ayam Petelur


Author (Penulis)

PUTRI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.03.0005

Abstract

ABSTRAK
Putri Rahayu : “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kualitas Ayam Petelur”, Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2018.
     Budidaya ayam petelur merupakan usaha pengelolaan sumber daya hayati berupa unggas dengan cara dipanen hasilnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas suatu peternakan adalah dengan meningkatkan kualitas dari bibit ayam petelur yang unggul sebagai faktor yang sangat penting untuk menghasilkan telur yang baik. Para peternak perlu menentukan kualitas ayam petelur untuk mendapatkan kualitas telur ayam yang baik.
     Terkadang para peternak ayam petelur mengalami kesulitan dalam memelihara ayam petelur. Salah satu kendala yang sering ditemukan yaitu kualitas telur yang dihasilkan tidak terlalu baik. Beberapa penyebab kualitas ayam petelur kurang baik diantaranya pengaruh dari komposisi fisik dan kualitas telur itu sendiri, sedangkan kualitas telur ayam kurang baik dipengaruhi oleh beberapa faktor pula diantaranya Umur ayam, Nutrisi pakan ayam, Berat bobot ayam, Suhu kandang, Penyakit dan sistem pemeliharaan.
     Dengan mengimplementasikan metode SAW dapat mempermudah peternak untuk menentukan kualitas ayam petelur berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Metode SAW dipilih karena mampu menyeleksi alternatif dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif untuk mendapatkan kualitas ayam petelur.
     Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka sistem pendukung keputusan yang didapatkan dengan mengimplementasikan metode SAW yang membantu peternak ayam petelur lebih mudah dalam menentukan kualitas ayam petelur yang terbaik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan untuk setiap tahunnya.

     Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode SAW maka penelitian ini dapat dikembangkan dengan metode yang relevan dengan penentuan kualitas peternak hewan yang lain sesuai kriteria pada masing-masing ternak.
Kata Kunci : SPK Penentuan Kualitas Ayam Petelur.


Keyword

SPK Penentuan Kualitas Ayam Petelur

Reference

 Daniati, Erna. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Lingkungan Akademik Penguruan Tinggi. edited by A. Media nusantara. Nganjuk: CV. Adjie media Nusantara.
[1] E. Daniati, Sistem Pendukung Keputusan Dalam Lingkungan Akademik Penguruan Tinggi. Nganjuk: CV. Adjie media Nusantara, 2018.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade