ABSTRAK
Berkembangnya Sistem Informasi pada perusahaan banyak berpengaruh terhadap bagaimana sebuah perusahaan dapat melakukan promosi dan marketing kepada semua konsumen dari berbagai belahan tempat dan pekerjaan tanpa dibatasi ruang dan waktu. Namun dalam prakteknya banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam membangun hubungan baik dengan konsumen
Tujuan marketing dan promosi bukan hanya menjual sebuah produk di e-commerce, namun bagaimana membangun sebuah sistem penjualan untuk menarik konsumen kedalam sebuah funnel dan menerapkan Business to Customer dengan sistem Customer Relationship Management (CRM) agar konsumen puas dengan produk dan pelayanan yang perusahaan berikan.
Salah satu metode yang dapat digunakan adalah melalui teknik funneling dan upselling melalui pendekatan CRM. Melalui website perusahaan dan iklan yang dipasang di landingpage konsumen akan diarahkan untuk mengunjungi dan mengisi form option in yang telah terintegrasi melaui email autoresponder.
Website penjualan berbasis e-commerce membantu konsumen mendapatkan informasi terkait produk yang dijual serta manfaat yang dibutuhkan secara up to date. Dan konsumen yang telah mengunjungi website secara bertahap akan terbangun kedekatannya melaui pendekatan Customer Relationship Management.
Disatu sisi untuk lebih meningkatkan pencarian website melaui pencarian google dan pengembangan selanjutnya perlu penggunaan Search Engine Optimezer (SEO) dan metode cros selling untuk membantu meningkatkan pengunjung website dan sebagai alternative pilihan produk bagi konsumen.
KATA KUNCI : E-commerce, Funneling, Upselling
Baong, E. P. T. (n.d.). PEMODELAN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI E-COMMERCE di PT. BaONG, (112).
Greenberg, J. And Baron, R.A, 2010. Behavior in Organizations: Understanding
and Managing the Human Side of Work. New Jersey: Pearson Education international.
Jansen, B. J., & Schuster, S. (2011). BIDDING ON THE BUYING FUNNEL FOR SPONSORED SEARCH AND KEYWORD ADVERTISING, 12(1), 1–18.
Marketer, D. (2015). Memperbaiki Sales Funnel Guna Meningkatkan Penjualan. Retrieved December 12, 2018, from https://digitalmarketer.id/funnel/memperbaiki-sales-funnel-guna-meningkatkan-penjualan/
Nugroho, A., 2006, E-Commerce Memahami Perdagangan Modern di dunia
Maya, Bandung
Prasetyo, Y. A., Ambarsari, N., Studi, P., Informasi, S., & Telkom, U. (2015). PENGEMBANGAN WEB E-COMMERCE BOJANA SARI MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE, 2(1), 1042–1056.
Rainner, C. a. (2011). Introduction to Information System. (3rd Edition). USA: Weley.
Reza Amalia, Arifin Puji Widodo, teguh santoso,. (2016). Rancang Bangun Website Toko Online Dengan Penerapan Produk Knowledge Dan Strategi Up Selling. Jsika, 5(4), 1–7.
Rizal Amegia Saputra. (2015). SWABUMI VOL III No . 1 , September 2015 ISSN 2355-990X ISSN 2355-990X. Jurnal Swabumi AMIK BSI Sukabumi, III(1), 50–58.
Studio, D. J. dan M. (2010). Cara Mudah Buka Toko Online dengan WordPress
dan Wp e-commerce. (Hernita, Ed.). Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Vol, J., & Tahun, N. (2016). RANCANG BANGUN WEBSITE TOKO ONLINE DENGAN PENERAPAN PRODUK KNOWLEDGE DAN STRATEGI UP SELLING, 5(4), 1–7.
Tri Buana Tungga Dewi, G. I. (2017). Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang. Rancang Bangun dan Implementasi Website e-commerce UKM GS4 Malang Menggunakan Metode Prototyping, 10.
Tavri D. Mahyuzir. 1991. Pengantar Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak.
PT.Elex Komputindo. Jakarta
Zikmund, William G. et.al. 2003. Customer Relationship Management:
Integrating Marketing Strategy and Information Technology. New Jersey: John Wiley and Sons.