optimalisasi pencarian alamat berbasis android dengan metode boyer moore di kantor pos wates kediri


Author (Penulis)

JOHAN ADY NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0347

Abstract

Kantor pos wates merupakan sebuah perusahaan yang melayani masyarakat dalam bentuk pengiriman surat dan paket. Maraknya bisnis online sekarang ini menimbulkan pengiriman barang yang meningkat drastis dari tahun sebelumnya. Hal ini mengharuskan karyawan kantor pos wates untuk menambah kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan selama proses penelitian, kurang maksimalnya dalam hal penulisan alamat maka berakibat pada keterlambatan pengiriman dan banyaknya keluhan dari pelanggan. Permasalahan  penelitian ini adalah (1) Seringnya terjadi salah dalam penulisan alamat yang berakibat pada keterlambatan pengiriman bahkan ada juga yang sampai kembali ke pengirim. (2) Apakah penerapan metode boyer moore di kantor pos wates ini bisa meningkatkan pelayanan bagi pelanggan dan bisa menjadikan kantor pos wates lebih maju dan berkembang ?. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Menghasilkan aplikasi pencarian alamat beserta pembenaran ejaan kata apabila pelanggan salah dalam mengimputkan kata, dengan tujuan meningkatkan kinerja dan produktifitas kantor pos wates (2) Melalui sistem ini pelanggan lebih dimudahkan karena dapat mengetahui alamat serta kode pos tujuan dan dengan adanya sistem ini kantor pos wates bisa lebih maju dan berkembang.


Keyword

aplikasi pencarian berbasis android pada Kantor Pos Wates Kediri ini adalah untuk menghasilkan aplikasi pencarian alamat dan kode pos serta penyaranan ketika terjadi kesalahan pengetikan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Reference

Argakusumah, Kencana Wulan. 2014. Implementasi Algoritma Boyer Moore pada Aplikasi Kamus Kedokteran Berbasis Android. Jurnal sistem informasi. 6 (1): 70-78.

Ginting, Guidio Leonaerde. 2014. Penerapan Algoritma Boyer Moore pada Aplikasi Pengajuan Judul Skripsi Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi. 3 (1): 123-132

Setijono, Gilarsi W. 2014. Tentang Digitalisasi Semua Bidang. (online).  http://www.posindonesia.co.id/index.php/peringatan-hari-bhakti-postel-ke-72-pemerintah-dorong-pos-indonesia-masuki-bisnis-dan-sistem-perdagangan-berbasis-elektronik, diunduh 20 Mei 2018.


PUBLISHED

2019-08-02

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade