Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pemasaran Berbasis Android Pada Brosur Handhone


Author (Penulis)

RIYANS WAHYU EKO AGUNG SETYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0319

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, dimana untuk pemasaran khusunya hanphone masih banyak menggunakan media brosur.  Tetapi sampai sekarang masih belum ada inovasi terbaru dari segi pemasaran khususnya menggunakan brosur, dimana untuk penggunaannya saat ini masih menggunkan cara yang seperti biasanya dimana brosur hanya di berikan kepada customer/pembeli tanpa pembeli tau bagimana gambaran maupun spesifikasi jelasnya dari produknya. Hal ini tentu menjadi kekurangan dari brosur.

Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai media pemasaran/promosi menggunakan media brosur untuk meningkatkan kualitas pemasaran yang lenih menarik, informatif dan unik ?

Hasil pengembangan berupa aplikasi berbasis Android bernama AR Teknologi yang memiliki fitur 1) Menampilkan objek 3 dimensi 2) Menampilkan spesifikasi yang ada pada setiap objek. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan Penggunaan teknologi augmented reality sebagai penunjang media penjualan  handphone tentu akan memberikan inovasi didalam bidang pemasaran atau marketing dengan sifat interaktivitasnya. Pada aplikasi pengguna bisa melihat model miniature handphone yang ada dibrosur, dan melihat informasi berupa spesifikasinya. Aplikasi ini dapat berjalan dengan menggunakan minimum sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean  hingga versi Android 7.0 Nougat. Aplikasi AR dapat berjalan dengan menggunakan minimum RAM 1 Gb dan berjalan lancar dengan spesifikasi RAM 2 Gb keatas. Dari hasil pengujian menu AR dapat menemukan pola image target terlihat jelas sehingga menampilkan objek 3D dengan minimal jarak 20 cm dan dengan minimal sudut 30°.

 

KATA KUNCI  :  Augmented Reality, Android, Brosur

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Anggratama, A., Widada B., Laksito W. 2016. Augmented Reality sebagai Media Pemasaran Di Dealer Auto 2000 Madiun.

 

Azuma, Ronald T. 1997. A Survey of Augmented Reality, Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6, www.cs.unc.edu/~azuma/ARpresence.pdf, diakses tanggal 10 Januari 2017.

 

Harsemadi, I G. 2015. Aplikasi Media Pemasaran Properti Bangunan Pada Bali Prefab Berbasis Augmented Reality.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI