Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Wajah untuk penentuan produk dengan Metode Dempster-Shafer


Author (Penulis)

NEOVITA CHUSNUL QOTIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0316

Abstract

NEOVITA CHUSNUL QOTIMAH : Sistem Pakar Diagnosa Masalah Kulit Wajah Untuk Penentuan Produk Perawatan Wajah Menggunakan Metode Dempster-Shafer Skripsi, Teknik Informatika, Fakultas Teknik UN PGRI Kediri, 2019.

 

Kata Kunci : Sistem Pakar Masalah Kulit Wajah, Visual Basic 6.0, Dempster-Shafer

 

                Yang melatar belakangi penelitian ini adalah kemajuan teknologi yang berjalan begitu cepat menuntut kemajuan di segala bidang. Berbagai bidang tak lepas dari sentuhan teknologi termasuk juga bidang kesehatan terutama dalam kesehatan merawat kulit wajah. Kulit wajah merupakan jendela yang bisa membantu alam mendeteksi kelainan pada wajah, dengan adanya pengaruh tersebut kita mudah sekali terkena beberapa penyakit atau gangguan pada kulit wajah karena kulit wajah merupakan bagian yang paling sensitif dibandingkan kulit bagian lain.

 

Adapun yang menjadi permasalahan yang dihadapi sehingga perlu adanya penelitian ini adalah (1) Bagaimana mengimplementasikan metode Dempster-shafer untuk menentukan permasalahan pada gejala kulit wajah? (2) Bagaimana membuat suatu sistem yang dapat mengolah kriteria dalam mengatasi permasalahan penentuan gejala wajah dan perawatannya?

 

                Dengan upaya pembuatan aplikasi ini adalah mengimplementasikan metode Dempster-Shafer untuk mengetahui hasil nilai penentuan jenis kulit wajah dan membuat suatu sistem yang dapat mengolah dalam menentukan produk wajah serta memberikan solusi tentang informasi perawatan kulit wajah.

 

                Dengan demikian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa aplikasi system pakar ini dapat mendiagnosa penyakit kulit wajah dan solusinya dengan adanya program system pakar ini diharapkan dapat membantu masyarakat pada umumnya dan staf Madira Skin & Beauty Care pada khususnya, untuk dapat menyelesaikan masalah mendiagnosa penyakit kulit wajah. Menghasilkan solusi dalam setiap permasalahan yang didasarkan paa hubungan antara pertanyaan dan solusi yang disimpan dalam basis pengetahuan.         

 

 


Keyword

Sistem Pakar, Kulit Wajah, Dempster-Shafer

Reference

Nita Sari Br Sembiring , dan Mikha Dayan Sinaga. 2017. Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Treponema Pallidum. Jurnal CSRID (Vol.9 No.3). Medan : Universitas potensi Utama. Tersedia http;//www.doi.org/10.22303/csrid.9.3.2017.180-189.

Maharani, Ayu. 2015. Penyakit Kulit Perawatan Pencegahan Pengobatan.Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulastomo, E. 2014. Kulit Cantik dan Sehat. Jakarta : Buku Kompas.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade