Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tata Surya Kelas 6 Sekolah Dasar


Author (Penulis)

MARDIAN DWI CAHYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0308

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa sistem pembelajaran IPA pada materi Tata Surya dikebanyakan Sekolah Dasar masih mengadopsi cara lama yaitu menggunakan media pembelajaran buku teks, gambar-gambar 2D atau menggunakan alat peraga, sehingga siswa harus membayangkan bagaimana rotasi, revolusi dan sebagainya yang terjadi di sistem Tata Surya. Hal ini tentu membuat siswa menjadi bosan dalam mengikuti pelajaran karena dianggap kurang menarik.

Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran Tata Surya 3D untuk meningkatkan minat siswa Sekolah Dasar dalam mengikuti pelajaran secara menarik, informatif dan unik ?

Hasil pengembangan berupa aplikasi berbasis Android bernama AR Belajar Sistem Tata Surya 3D yang memiliki fitur 1) Menampilkan objek 3 dimensi 2) Menampilkan animasi rotasi dan revolusi setiap planet pada Tata Surya.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan adanya Aplikasi AR Belajar Sistem Tata Surya 3D ini dapat membantu siswa Sekolah Dasar untuk mengetahui tampilan objek 3D planet berserta animasi rotasi, revolusi masing-masing planet secara informatif, menarik dan unik. Aplikasi ini dapat berjalan dengan menggunakan minimum sistem operasi Android 4.4 Kitkat hingga versi Android 7.0 Nougat. Aplikasi AR dapat berjalan dengan menggunakan minimum RAM 1,5 Gb dan berjalan lancar dengan spesifikasi RAM 2 Gb keatas dengan kapasitas penyimpanan (storage) internal tersisa masih banyak. Dari hasil pengujian menu AR dapat menemukan pola image target terlihat jelas sehingga menampilkan objek 3D dengan minimal jarak 20 cm dan dengan minimal sudut 30°. Dari hasil pengujian aplikasi AR pada ARbook dengan background hitam menunjukkan obyek 3D lebih mudah muncul dibanding ARbook dengan background putih, karena tingkat keunikan marker pada ARbook backround hitam lebih unik dibanding marker pada ARbook background putih.

 

KATA KUNCI  :  Augmented Reality, Android, Tata Surya


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Admiranto, G. 1999. Tata Surya & Alam Semesta. Jakarta : Kanisius.

 

Akbar, Sa’dun dan Hadi Sriwiyana. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

 

Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

 

Hanief, Shofwan dan I Made Nesa Masurya. 2014. “Augmented Reality Pengenalan Busana Pernikahan Adat Bali Berbasis Multimedia” Jurnal Sistem dan Informatika, (Online), 9 (1): 52-62, tersedia: http://jsi.stikom-bali.ac.id, diunduh 15 Mei 2017.

 

Harmi, Sri. 2015. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas VI SD dan MI. Surakarta: Tiga Serangkai.

 

Haryanto. 2007. Sains Untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Erlangga.

 

Sahertian, Julian dan Risa Helilintar. 2015. Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Biologi Materi Sel. Jurnal Sains dan Teknologi, 1 (1).


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI