Penentuan Target Promosi Penjualan Produk Mebel Aluminium Menggunakan Metode K-Means Clustering Di UD.BINTANG AGUNG ALUMINIUM
Author (Penulis)
AGOENG
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.03.02.0300
Abstract
Dalam menghadapi persaingan bisnis terdapat beberapa permasalahan yang kerap
muncul mengenai penjualan mebel aluminium. UD.Bintang Agung Aluminium sulit menentukan
target promosi barang kususnya daerah trenggalek. Maka perlu adanya sebuah sistem yang mampu
menentukan target promosi sehingga meningkatkan target penjualan serta melakukan promosi
berdasarkan barang terlaris. Sistem ini menggunakan metode Clusterisasi pasar berdasarkan jumlah
penjualan produk mebel aluminium. Rumusan Masalah, Bagaimana membuat sistem Clusterisasi
untuk menentukan target promosi produk mebel aluminium dengan menggunakan metode K-Means
Clustering? Bagaimana merancang sistem untuk promosi produk mebel aluminium di UD.Bintang
Agung Aluminium?
Metode K-Means Clustering adalah sebuah algoritma untuk mengklasifikasikan atau
mengelompokkan objek-objek (dalam hal ini data) berdasarkan parameter tertentu kedalam sejumlah
grup, sehingga dapat berjalan lebih cepat daripada hierarchical clustering dengan sejumlah variabel
yang besar dan menghasilkan cluster yang lebih rapat dikelompokan di cluster yang lain yang
memiliki karakteristik sama. Hasil dari penulisan merupakan sistem penentuan target promosi produk
mebel aluminium (SICLUS).