Penentuan Target Promosi Penjualan Produk Mebel Aluminium Menggunakan Metode K-Means Clustering Di UD.BINTANG AGUNG ALUMINIUM


Author (Penulis)

AGOENG
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0300

Abstract

Dalam menghadapi persaingan bisnis terdapat beberapa permasalahan yang kerap muncul mengenai penjualan mebel aluminium. UD.Bintang Agung Aluminium sulit menentukan target promosi barang kususnya daerah trenggalek. Maka perlu adanya sebuah sistem yang mampu menentukan target promosi sehingga meningkatkan target penjualan serta melakukan promosi berdasarkan barang terlaris. Sistem ini menggunakan metode Clusterisasi pasar berdasarkan jumlah penjualan produk mebel aluminium. Rumusan Masalah, Bagaimana membuat sistem Clusterisasi untuk menentukan target promosi produk mebel aluminium dengan menggunakan metode K-Means Clustering? Bagaimana merancang sistem untuk promosi produk mebel aluminium di UD.Bintang Agung Aluminium? Metode K-Means Clustering adalah sebuah algoritma untuk mengklasifikasikan atau mengelompokkan objek-objek (dalam hal ini data) berdasarkan parameter tertentu kedalam sejumlah grup, sehingga dapat berjalan lebih cepat daripada hierarchical clustering dengan sejumlah variabel yang besar dan menghasilkan cluster yang lebih rapat dikelompokan di cluster yang lain yang memiliki karakteristik sama. Hasil dari penulisan merupakan sistem penentuan target promosi produk mebel aluminium (SICLUS).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI