IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK SISTEM PENENTUAN POLA PEMBELIAN OBAT DI APOTEK NADIYA SEJAHTERA KEDIRI


Author (Penulis)

AHMAD HABIBUNNAJAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0297

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi dan wawancara peneliti bahwa pada apotek Nadiya Sejahtera Kediri untuk sasaran obat belum ditentukan secara baik, dalam arti belum diupayakan mencari sasaran stok obat yang potensial dalam tata cara peletakanya yang masih manual dan sulit untuk mecari sebuah obat yang letaknya agak berjauhan. Akibatnya hanya akan menghabiskan banyak waktu bagi pihak apotek maupun pihak konsumen yang seharusnya bisa diminimalisir melalui pemilihan target pembelian obat yang baik. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara pengimplementasian data mining dengan menggunakan algoritma fp-growth ke dalam aplikasi untuk penentuan pola pembelian obat? (2) Bagaimana penerapan algoritma fp-growth dalam penentuan nilai support dari suatu hubungan item?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan hasil berupa informasi yang nantinya dapat mempermudah dalam penerapan serta keefisienan waktu yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait dalam melakukan pengambilan keputusan managerial, terutama dalam penentuan pola pembelian obat dan juga membantu dalam tata letak obat dengan penerapan metode data mining dengan algoritma fp-growthuntuk penentuan nilai support dan hubungan item sehingga mendapaatkan hasil nilai supportyang telah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini adalah dengan penerapan metode fp-growth dalam aplikasi akan membantu dalam keefisienan waktu para konsumen dalam pembelian obat sehingga pihak instansi akan mudah dalam menyesuaikan barang yang harus disediakan. Dalam mengetahui suatu hubungan obat apa saja yang biasanya dibeli oleh konsumen, maka penerapan algoritma fp-growth sangat membantu dalam membentuk kandidat kombinasi item yang kemudian dilakukan pengujian apakah kombinasi tersebut memenuhi parameter support dan confidence minimum yang merupakan nilai ambang yang diberikan pada pengguna. Parameter support dan confidence jika sudah terpenuhi, maka hasil tersebut dapat membantu dalam penentuan pola pembelian obat dan membantu tata letak obat berdasarkan kecenderungan konsumen dalam membeli obat. Kata kunci : Pola Pembelian, Obat, Apotek, FP-Growth.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI