Pembuatan Special Effect Untuk Film Pendek Dengan Muzzle Flare Dan Sound Effect Menggunakan aplikasi Camtasia 8


Author (Penulis)

ISTIQO REZEKI AGUNG GUMELAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0279

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di era perfilman sekarang, pihak yang memproduksi film laga (Action) tidak menggunakan senjata api sungguhan dengan alasan keselamatan. Oleh sebab itu pihak produksi film akhirnya menemukan alternatif dengan menggunakan properti senjata api sejenis airsoft gun dengan menambahkan effect tembakan Muzzle Flare (Percikan Api) digabungkan dengan sound effect suara senjata api karena jauh lebih aman, biaya produksi murah, dan mempermudah dalam editing video dalam pembuatan sebuah film besar maupun film pendek. Untuk itu penulis membuat sebuah film pendek yang berhubungan dengan special effect dengan muzzle flare dan sound effect menggunakan aplikasi Camtasia 8 dengan judul film “Naruto Assault – Handgun Duel”. 

            Permasalahan dalam pembuatan film pendek ini adalah bagaimana membuat sebuah film pendek dengan special effect Muzzle Flare dan Blood hit dan sound effect menggunakan aplikasi Camtasia 8 dan bagaimana cara menggabungkan beberapa video menjadi satu serta menambahkan special effect dan sound effect yang sesuai di setiap scenenya?. Pembuatan film pendek ini dimulai dengan Menentukan Ide Cerita, Pembuatan Skrip, Pembuatan Storyboard, Cari Lokasi, Cari Pemain, Proses Pengambilan Gambar, Proses Editing. Proses editing video pada film ada langkah-langkahnya di mulai dari Pembuatan Video Pembuka Film Pendek, Pembuatan Video Flashback Film Pendek, Pembuatan Video After Flashback Film Pendek, Penambahan Dubbing Flashback Film Pendek, Penambahan Dubbing After Flashback Film Pendek, Pembuatan Video Penutup Film Pendek, Finishing Film Pendek.

            Kelebihan pada proses pembuatan film pendek ini adalah memudahkan mendapat special effect dengan mendownload gambar muzzle flare atau video muzzle flare yang green screen dan blood hit effect yang green screen di youtube yang cocok untuk aplikasi Camtasia 8, memudahkan mendapat sound effect dengan cara mendownload download gun shot sound dan blood hit dari youtube dengan mengconvert video menjadi mp3. Kekurangan pada proses pembuatan film pendek ini adalah pemain yang cocok untuk memerankan Naruto Uzumaki, Hinata Hyuga, dan Tadashi, pencarian lokasi syuting sesuai dengan latar padang rumput yang cocok.

            Kesimpulan hasil pembuatan film pendek ini adalah harus di ikuti semua teknik-teknik, urutan langkah dalam muzzle flare, dilakukan editing yang sesuai dengan kebutuhan, teknik dubbing harus di sesuaikan dengan gaya bicara para pemain tersebut, teknik muzzle flare dan blood hit effect harus pandai mengatur durasi, ukuran dan posisi muzzle flare dan blood hit effect sesuai dengan gerakan sang aktor tersebut, teknik sound effect harus pandai mengatur durasi sound effect sesuai dengan gerakan sang aktor tersebut, Background sound sangat dibutuhkan agar berkesan lebih menarik.

 

 

KATA KUNCI  : Film pendek, Special Effect, Muzzle Flare, Sound Effect, Camtasia 8


Keyword

a

Reference

http://ynstudios-internship.blogspot.co.id/2017/10/PengertianSpecialEffect-SFX-BesertaPenjelasannya.html, diunduh 5 November 2017

 

http://els-web.blogspot.co.id/2013/03/muzzle-flaremuzzle-flash.html,

diunduh 5 November 2017

 

http://iwandarmawan.com/unsursuaradalamfilm, diunduh 5 November 2017

 

Kurniawan, Mei Purwanto 2001. Pembuatan Iklan Televisi Hotel Mawar Asri Yogyakarta Dengan Teknik Motion Tracking. Jurnal Ilmiah Dasi, (15): 26 - 31.

 

Optimalisasi Penggunaan Efek Chroma Key pada Video Dengan Menggunakan Metode Dual Layer Green Screen. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi  dan Multimedia, Pascasarjanana Jurusan Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta, 6 - 7 Februari.

 

Utomo, Pandu., Purnama, E.B., Urbani, H.Y. Produksi Film Pendek “Like And Dislike” Menggunakan Sistem Multimedia. Indonesian Jurnal On Computer Science. FTI UNSA.

 

Wibowo, H.Y., Rante, Hestiasari., Subhan, Achmad, KH., Implementasi Teknik Sound Effect Dan voice Over Dalam Pembuatan Video Dokumenter Perlindungan Anak di Kawasan Dolly. Surabaya: Kampus  PENS-ITS.

 


PUBLISHED

2019-09-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade