Implementasi Data Mining Pada Penjualan Alat-Alat Musik dan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Di Toko Prima Nganjuk


Author (Penulis)

MOCHAMMAD NAHDLUDDIN SYAKIR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0277

Abstract

ABSTRAK

Pemilik toko Prima selama ini kesulitan dalam penentuan barang yang dapat dijadikan sebagai acuan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah toko Prima untuk mendapatkan bahan promosi. Penentuan kombinasi gitar dan aksesorisnya dilakukan dengan cara mengambil data transaksi alat musik khusus gitar dan sticker. Dari data – data transaksi tersebut lalu dihitung jumlah supportnya untuk membentuk kandidat 1-itemset dan 2-itemset. Selanjutnya dilakukan perhitungan confidence, dari semua Large-itemset untuk menghasilkan asosiasi itemset. Penelitian ini telah berhasil membantu toko Prima untuk mendapatkan kombinasi gitar dan aksesoris paling diminati dari confidence tertinggi untuk dijadikan sebagai bahan promosi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi yang dapat membantu toko Prima untuk menentukan strategi promosi kedepanya.

 

KATA KUNCI  : Alat Musik, Algoritma Apriori, Promosi, Sticker Gitar

 


Keyword

Alat Musik, Algoritma Apriori, Gitar, Promosi, Sticker Gitar

Reference

Anas, Azwar. 2016. Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendapatkan Pola Peminjaman Buku Perpustakaan SMPN 3 Batanghari. Jurnal Ilmiah Media SISFO: 282 – 295.

Agung, Muhammad Thoriq. 2015. Penerapan Data Mining Untuk Mengatur Penempatan Barang Menggunakan Algoritma Apriori. Semarang: Fakultas ilmu komputer Semarang.

Ariana, A.A. Gede Bagus dan Asana, Made Dwi Putra 2013. Analisis Keranjang Belanja Dengan Algoritma Apriori Pada Perusahaan Retail. Jurnal SESINDO: 523 – 527.

Darmawan, Arief Soma. 2015. Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Penawaran Produk Di Batik Putra Ghofur Pekalongan. Jurnal LITBANG: 14 – 17.

Fajri, Ahmad Fikhri. 2016. Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Program Studi Yang Diambil Mahasiswa. Jurnal IPTEKS Terapan: 81 – 85.

Fathansyah. 2007. Buku Taks Komputer Basis Data Informatika Bandung.: Bandung.

Hariri, Fajar Rohman dan Ramadhani, Risky Aswi. 2017. Pembangunan Aplikasi Optimalisasi Penjualan. Jurnal SNATIKA: 138 – 142.

Jogiyanto, H.M. 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Kusrini. 2009. Algoritma Data Mining. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Nafi’iyah, Nur dan Wardhani, Retno. 2017. Analisa Pola Transaksi Penjualan Ikan Di Tpi Brondong Lamongan. Jurnal Spirit: 14 – 17.

Nursikuwagus, Agus dan Hartono, Tono 2016. Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web. Jurnal SIMETRIS: 701 – 706.

Pahlevy. 2010. Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan Menggunakan metode Simpele Additive Weighting (SAW). Skripsi Program Studi Tehnik Informatika. Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Sari, Novita Eka. 2013. Analisa Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Pakaian Yang Paling Diminati Pada Mode Fashion Group Medan. Jurnal Informatika Budi Darma: 35 – 39.

Simamora. 2001. Pengertian Fungsi Jenis Dan Label Produk. Jakarta:  146 – 147.

Sylado. 1893. Pengertian Seni Musik dan Alat Musik. Jakarta: 11–12.

Yanto, Robi dan Khoiriah, Riri. 2015. Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Jurnal CITEC: 102 – 113.

Yanto, Robi dan Kusuma, Hendra Di. 2017. Pemanfaatan Data Mining Untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule. Jurnal JATISI: 10 – 13.

 


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade