Perancangan dan Pembuatan Game Puzzle 2D untuk memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia


Author (Penulis)

WAHYUDI FEBRIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0250

Abstract

ABSTRAK
Dengan mempertahankan kebudayaan, maka bangsa Indonesia dapat mewujudkan cita-cita bangsa yang luhur. Karena setiap bangsa mempunyai jati diri atau karakteristik tersendiri yang berbeda dengan bangsa lain, Begitu juga dengan bangsa Indonesia mempunyai jati diri atau karakteristik tersendiri. Seiring perkembangan zaman juga diikuti oleh perkembangan teknologi khususnya dibidang informasi. Game edukasi merupakan sebuah aplikasi permainan, yang melalui permainan tersebut, terdapat materi – materi ataupun informasi yang bersifat mendidik. Materi ataupun informasi tersebut dapat secara langsung tersurat dalam aplikasi multimedia dan dapat juga secara tersirat melalui alur cerita permainan dalam aplikasi itu sendiri
Permasalahannya adalah, merancang dan membuat aplikasi game puzzle 2D sebagai media yang baik dan menyenangkan untuk memperkenalkan pakaian adat Indonesia. Untuk merancang dan membuat aplikasi game puzzle 2D yang memperkenalkan pakaian adat Indonesia. Disini digunakan gambar yang menarik, tampilan menu yang mudah dimengerti dan musik agar pada saat bermain tidak membosankan. Ditambah terdapat 3 tingkat kesulitan dalam menyusun puzzle, menggunakan algoritma Fisher Yates –Shuffle untuk mengacak puzzle dan terdapat menu uji wawasan untuk mengukur sejauh mana pemain mengenal pakaian adat di Indonesia.
Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi berbasis Android yang memiliki fitur (1) Menampilkan Objek 2D (2) Menampilkan puzzle 33 gambar pakaian adat Indonesia secara acak (3) Pengenalan pakaian adat Indonesia. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pengenalan pakaian adat Indonesia yang baik dan menyenangkan, sudah sesuai dan mudah digunakan khususnya untuk siswa-siswi Sekolah Dasar (SD).
KATA KUNCI Pakaian Adat, Android, Game Puzzle.


Keyword

a

Reference

Alam, Sutan Takdir., R. A. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Permainan (GAMES). Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer, 1.
Nita, R., Yanzi, H. & Nurmalisa, Y. 2017. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung. Peranan Lembaga Sosial Dalam Melestarikan Pakaian Adat, 1.
Pavel, Micka. Fisher-Yates-Shffie Algoritm :Founder and administrator of web encyclopedia algoritrny.net[Online]. http: //en.algoritmy.net/article/43676/Fisher-Yates-Shufflle. Diakses 12 Februari 2018.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI