Aplikasi Menentukan Jenis Batu Marmer Dan Hasil Olahan Batu Marmer Menggunakan Metode Naive Bayes


Author (Penulis)

WISNU MEIKO AGRISRA PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0246

Abstract

ABSTRAK

 

Batu marmer adalah batuan alam dari hasil proses metamorfosa dari batuan gamping. Batu ini diperoleh dari peralihan suhu dan juga tekanan yang bermacam-macam yang diberikan oleh alam dengan gaya endogen, yang menyebabkan batuan gamping menjadi rekristalisasi sehingga membentuk berbagai foliasi atau non foliasi. Keunikan  batu  marmer  terletak  terhadap  bentuknya yg mengkilat dan memantulkan cahaya. Dasarnya seluruh batu itu berwarna kusam bahkan ada sekian banyak tipe batu yg mempunyai zat kapur maka tampak lebih kusam, oleh dikarenakan itu dipakai campur tangan manusia untuk edit penampakan batu jadi menarik, adalah bersama dilakukan pemolesan & campuran bahan kimia, maka bakal memperlihatkan warna, corak, ataupun urat alami kepada batu. Misalnya untuk lantai atau dinding haruslah memiliki kualitas dan ukuran yang sesuai dan jenis batu marmer apa yang cocok untuk digunakan. Permasalahan penelitian ini adalah Masih banyaknya masyarakat yang sulit mengenali jenis batu marmer dan hasil olahan apa yg cocok untuk digunakan. Oleh karena itu penulis terdorong untuk melakukan penelitian dan membangun aplikasi menetukan jenis batu marmer dan menentukan hasil olahannya. Penyelesaian masalah ini penulis membuat sebuah sistem Aplikasi Menentukan Jenis Batu Marmer Dan Menentukan Hasil Olahanya Menggunakan Metode Naïve Bayes. Sistem ini merupakan sistem yang akan sangat membantu masyarakat untuk pemilihan batu marmer sesuai kebutuhan dan tidak disalahgunakan lagi. Dari hasil pengujian yang dilakukan pada penelitian ini, dari 20 data pemilihan jenis batu marmer dan hasil olahannya yang dijadikan data uji, data yang sesuai. Dari hasil testing dapat disimpulkan bahwa presentase keberhasilan 80%.

 

KATA KUNCI  : Batu Marmer, Hasil Olahan, Naïve Bayes.


Keyword

Naive Bayes, Jenis Batu Marmer

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 Adityanur. 2011, Jago PHP dan MySQL Dalam  Hitungan Menit. Bekasi: Dunia Komputer

 

Kusnassriyanto. 2011.Belajar Pemrograman Delphi, Modula : Bandung.

Ladjamuddin, A.-B. b. 2006. Rekayasa Perangkat Lunak. Tangerang: GRAHA ILMU.

 

M. Agus J Alam, Belajar Sendiri Borland Delphi 6.0, Media Komputindo, Jakarta, 2001.

 

Mujib R., Hadi S., M. Sarosa. 2013. Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja          Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. Jurnaleeccis,    Vol 7, No.1 2013.

 

Pressman, R.S. 2002. Software Enginering (A Practitioner’s Approach), 5th Ed., Prentice - Hall International, Inc.

 

Sakethi, D 2017. Batu marmer pengertian ciri-ciri jenis dan manfaatnya. (online). tersedia:

http://www.sukageogafi.com/2017/12/batuan-marmer-pengertian-ciri-ciri-jenis-manfaat.html?m=1.

 

Saleh, A. 2015. Implementasi Metode Klasifikasi Naive Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga. Citec Journal, Vol. 2, No. 3, Mei 2015 - Juli 2015ISSN: 2354-5771, 207-217.

 

Setiabudi, D.J. 2002 Aplikasi E-Commerce www.Komputeronline.com Dengan Menggunakan MySql Dan Php4. Jurnal Informatika, (online), 3 (2): 2-8, tersedia: http://jurnalinformatika.petra.ac.id, diunduh 26 Januari 2018.

 

Sepriulus S.N., Elia H. & Margareth E.B. 2012 Penggunaan Limbah Batu Marmer Dari Gunung Batu Naitapan Kabupaten Timor Tengah Selatan Sebagai Alternatif Pengganti Agregat Pada Campuran Beton. Jurnal Teknik Sipil, (online), 1 (4): 3-12, tersedia :   http://puslit2.petra.ac.id, diunduh 26 januari 2018.

 

Susanto, Sani dan Dedy suryadi. 2010. Pengantar Data Mining menggali
pengetahuan dari bongkahan data. Yogyakarta : Andi.

 

Utami, T. 2013. Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Strategi Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Plembang Menggunakan metode clustering. Jurnal Teknik Informatika 21 Januari 2013.

 

Yakub, Suardin. 2008. Sistem pakar deteksi penyakit diabetes mellitus dengan menggunakan pendekatan Naïve Bayesian berbasis web. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade